SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT MENULAR PADA BALITA DENGAN MENGGUNAKAN PHP (PHP HYPERTEXT PREPROCESOR)

Yuri Fitrian, Wiwik Setriyeni

Abstract


Kesehatan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan kita sehari-hari dari jiwa, badan dan social,maka dari itu kita harus menjaga kesehatan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit. Penyakit menular adalah penyakit yang berbahaya bagi balita karena dapat menyebar dengan cepat Keterlambatan dalam pengobatan penyakit dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah dan sulit disembuhkan Biaya untuk berkonsultasi dengan ahli tidak murah. Oleh karena itu orang tua perlu sebuah sistem yang memiliki kemampuan sebagai seorang ahli untuk diagnosis penyakit .Sistem pakar diagnosa penyakit menular pada bayi dibangun untuk diagnosis penyakit tropis disebabkan infeksi virus , jamur dan bakteri . Dengan sistem ini orang tua dapat mencari jawaban atas penyakit menular yang diderita oleh balita mereka. Sistem ini menyediakan informasi mengenai diagnosis , pengobatan dan pencegahan .Sistem ini dikembangkan  dengan berbasis web menggunakan bahasa pemrogramman PHP sedangkan untuk mengolah basis data pengetahuan menggunakan database MySQL. dengan sistem pengetahuan ahli diagnosa menunjukkan bahwa sistem ini mampu mendeteksi penyakit dan memberikan pengobatan berdasarkan gejala yang telah dialami oleh pengguna Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dapat mendukung untuk mendiagnosis penyakit menular pada balita.


Full Text:

PDF

References


Ikatan Dokter Indonesia, 2002, Buku Ajar Ilmu Kesehatan Anak (Infeksi & Penyakit Tropis), Edisi pertama,Editor Sumarno S, Poorwo Soedarmo, Herry garna, Sri Rezeki S, dan Hadinegoro,Jakarta.

Kusrini. 2006. Sistem Pakar (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Andi Offset

Sumber: http://www.pengertianahli.com/2013/08/pengertian-sistem-menurut-para-ahli.html

Wardana, Kusuma Nyoman. 2008. Perancangan Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit menular.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons Licence

This work is licensed by STMIK Pringsewu under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.