PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : SMK NEGERI 1 PUGUNG, TANGGAMUS)

Nungsiyati Nungsiyati

Abstract


SMK Negeri 1 Pugung merupakan salah satu SMK di kabupaten Tanggamus, memiliki tiga program keahlian yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Audio Video, dan Teknik Komputer dan Jaringan, mempunyai tenaga pendidik dan staf yang berkualitas, serta mempunyai salah satu misi membekali keterampilan dalam bidang rekayasa dan jasa yang berwawasan professional, produktif, dan mandiri hingga mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan dunia usaha dan industri. Dengan jumlah siswa yang cukup banyak, sekolah mengalami kendala dalam menentukan siapa saja yang berhak menerima beasiswa dari pemerintah. Dalam menentukan penerimaan beasiswa, setiap siswa harus memiliki kriteria-kriteria yang telah ditetapkan, dan untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima beasiswa, maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari alternatif terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dimana masing-masing kriteria setiap siswa dibandingkan satu dengan lainnya sehingga akan didapatkan siswa-siswa yang layak untuk menerima beasiswa. Dalam penghitungan Analytical Hierarchy Process menggunakan  sistem komputerisasi yaitu  perangkat lunak microssoft excel. Dan dari pengolahan data hasil yang didapat adalah konsisten,  ini dikarenakan hasil perhitungan < 0,1. Nilai Rasio konsistensi yang didapat adalah – 0,017.


Full Text:

PDF

References


Supriyono,Wisnu Arya Wardana, Sudarto, 2007. Sistem pemilihan pejabat struktur dengan metode AHP.

Armadyah Amborowati, 2007. Sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan berprestasi berdasarkan kinerja

Aulia Vitari dan Muhammad Said Hasibuan, 2010. Sistem pendukung keputusan penerima beasiswa menggunakan metode Analytical Hierarki Process

Lis Utari, 2011. Rancang bangun database nilai siswa tingkat sekolah menengah, memilih kendaraan (mobil) dengan metode Analytical Hierarki Process

Titis Handayani, 2012. Penerapan sistem pendukung keputusan untuk seleksi mahasiswa berprestasi menggunakan metode AHP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons Licence

This work is licensed by STMIK Pringsewu under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.