PENGGUNAAN ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM MENENTUKAN PRIORITAS PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KECAMATAN BANDAR NEGERI SUOH KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Eka Ridhawati

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional memiliki peran yang penting dan strategis. Kondisi tersebut dapat dilihat dari berbagai data yang mendukung bahwa eksistensi UMKM cukup dominan dalam perekonomian Indonesia. Pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari  sebagian  masyarakat, khususnya melalui penyediaan lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan dan tingkat kemiskinan. Sektor industri di Kecamatan Bandar Negeri Suoh kabupaten Lampung Barat diyakini sebagai sektor yang dapat memimpin sektor-sektor lain dalam sebuah perekonomian menuju kemajuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode Analutical Hierarcy Process (AHP) sebagai sistem pendukung keputusan untuk menentukan industri-industri kecil dan  menengah yang  potensial untuk dikembangkan di Kecamatan Bandar Negeri Suoh Kabupaten Lampung Barat serta untuk membangun suatu model pengambilan keputusan dengan mengunakan Analutical Hierarcy Process (AHP) untuk menentukan prioritas pengembangan industri kecil menengah. Metodelogi yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode Analitical Hierarcy Process (AHP) yaitu merupakan salah satu metode untuk membantu menyusun suatu prioritas dari berbagai pilihan dengan menggunakan berbagai kriteria. Karena sifatnya yang multikriteria, Analytical Hieararchy Process cukup banyak digunakan dalam penyusunan prioritas. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Kecamatan Bandar Negeri Suoh Kabupaten Lampung Barat. Dengan adanya penelitian ini diharapkan hasil pengujian terhadap kriteria yang dikembangkan menggunakan model AHP dapat disimpulkan bahawa perhitungan telah dengan benar, sehingga perhitungan ini dapat digunakan untuk membantu Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kecamatan Bandar Negeri Suoh Kabupaten Lampung Barat untuk melakukan pemilihan perusahaan yang mendapatkan bantuan pengembangan dari pemerintah daerah.


Full Text:

PDF

References


Bagas Dista Ariyadi, Sistem Pendukungkeputusan Seleksi Penerima Beasiswa Pada Sma 1 Boja Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Universitas Dian Nuswantoro.

Kosasi, Sandy (2002). Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System). Pontianak.

Suryadi, K. dan M.Ali Ramdhani (2010). Sistem Pendukung Keputusan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Saaty, T.L (2008). Decision Making With The Analytic Hierarchy Process. University of Pittsburgh: USA.

Turban, Efraim, et al (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems 7th Ed. New Jersey : Pearson Education.

Nur Aminudin and Ida Ayu Puspita Sari. (2015). Sistem Pendukung Keputusan (Dss) Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan(Pkh) Pada Desa Bangun Rejo Kec.Punduh Pidada Pesawaran Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP). Jurnal TAM Vol 5 No 2. Hal 66-72. STMIK Pringsewu.

Lailatul Rohmah, Muhamad Muslihudin. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa Berprestasi Pada Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Nurul Huda Pringsewu Menggunakan Metode AHP. KNSI 2014. Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons Licence

This work is licensed by STMIK Pringsewu under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.