PENGEMBANGAN MODEL PENGAWASAN STUDI MAHASISWA SEBAGAI BAHAN EVALUASI AKADEMIK DALAM UPAYA PENINGKATAN JUMLAH LULUSAN TEPAT WAKTU PADA SEKOLAH TINGGI ILMU KOMPUTER AL-KHAIRIYAH CILEGON

Rulin Swastika(1), Didda Rahayu Yuliana(2), Imam Prasodjo(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika, STIKOM Al-Khairiyah, Citangkil Cilegon, Banten
(2) Program Studi Teknik Informatika, STIKOM Al-Khairiyah, Citangkil Cilegon, Banten
(3) Program Studi Manajemen Informatika, STIKOM Al-Khairiyah, Citangkil Cilegon, Banten
Corresponding Author

Abstract


Dalam upaya meningkatkan jumlah mahasiswa lulus tepat waktu. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut salah satunya adalah prestasi akademik yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa, dengan indikator yang digunakan yaitu indeks prestasi mahasiswa. Namun  ditengah proses perkuliahan tidak sedikit mahasiswa yang mengalami penurunan indeks Prestasi, yang mana saat ini belum jelas penyebab penurunanan IP tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa  penyebab penurunan indeks prestasi sehingga memudahkan bagian akademik baik itu unit pengelola program studi serta dosen wali untuk mengevaluasi prestasi akademik mahasiswa sehingga dapat memberikan pengarahan yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi akademik, sehingga mahasiswa diharapkan dapat lulus dengan tepat waktu,   memperhatikan nilai kehadiran, nilai kompetensi masing-masing mahasiswa dan nilai keaktifan kemahasiswaan. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang langsung diambil dari tempat penelitian. Kemudian diolah menggunakan metode rata-rata berdasarkan jurnal-jurnal yang ditemukan pengolahan data dengan metode neuro fuzzy dapat meningkatkan akurasi. Pada penelitian ini diterapkan metode neuro fuzzy / ANFIS dengan fungsi keanggotaan segitiga dengan software matlab.


Keywords


neuro fuzzy, Pengawasan, Lulusan Tepat Waktu

References


Budiman, Deny. 2010. Penerapan Neuro Fuzzy untuk Meningkatkan Akurasi Pengolahan Kuisioner Evaluasi Kinerja Dosen. Tesis : STMIK Eresha, Jakarta.

Deni, Muhammad Irawan. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Matakuliah Pilihan pada Kurikulum Berbasis KKNI Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno Jurnal Media Infotama Vol. 13(1): 27-35.

Djunaidi, Much. Dkk. 2005. Penentuan Jumlah Produksi Dengan Aplikasi Metode Fuzzy – Mamdani. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Universitas Muhamadiyah Surakarta. Vol 4 (2): 95-104.

Hadjaratie, Lillyan. 2011. Jaringan Saraf Tiruan Untuk Prediksi Tingkat Kekelulusan Mahasiswa Diploma Program Studi Manajemen Informatika Universitas Negeri Gorontalo. Tesis: Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Jek,JS. 2006. Jaringan Syaraf Tiruan dan Pemrogramannya menggunakan Matlab. Yogyakarta : Andi

Kusrini. 2007. Pengenalan Sistem Informasi. Penerbit Andi. Yogyakarta

Kusumadewi, Sri. 2002. Analisis dan Desain Sistem Fuzzy menggunakan Tool Box Matlab. Yogyakarta :Graha Ilmu

Naba, Agus. 2009. Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab. Yogyakarta : Andi

Pudjo,Prabowo Widodo, dkk. 2012. Penerapan Soft Computing dengan Matlab. Bandung :Rekayasa Sains

Wibowo, HS, dkk. 2009. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Beasiswa BANK BRI Menggunakan FMADM. SNATI 2019 Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 98 times
PDF Download : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.