Aplikasi Simulasi Tes Kecerdasan IQ Pada Anak Berbasis Web Mobile Pada Platform Android

Gelbert Alexsander(1),


(1) Prodi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Salah satu sistem nyata yang memerlukan aplikasi simulasi berbasis web mobile adalah pelaksanaan tes kecerdasan/IQ. Hal ini disebabkan karena tes kecerdasan ini membutuhkan mobilitas yang tinggi dan distribusi informasi yang akurat serta pelayanan yang cepat. Selama ini pengujian IQ selalu dilakukan oleh pihak lembaga lain dengan biaya tinggi dan hasil ujian IQ di proses sangat lama untuk menentukan hasil tes IQ. Pembuatan sistem aplikasi simulasi test berbasis web mobile di implementasikan dalam android serta diorientasikan dengan konsep sederhana tentunya akan membuat pengguna menjadi lebih mudah dalam menggunakannya. Pengguna dapat secara langsung melihat hasil tes saat waktu itu juga. Pelaksanaan tes IQ dapat dilakukan kapan pun dari berbagai tempat asalkan memiliki aplikasi android dan terhubung dengan jaringan internet. Aplikasi ini dikembangkan dengan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang memiliki tahap pengembangan meliputi analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem dan uji coba sistem. Analisis sistem dilakukan untuk mengetahui kebutuhan data, informasi, perangkat keras,dan perangkat lunak. Desain sistem meliputi desain model, desain basis  data  dan desain antar  muka untuk  mempermudah dalam implementasinya. Sistem diimplementasikan berbasis web mobile dengan bahasa pemrograman HTML, JavaScript, Atom dan Ionic Framework. Web server menggunakan Node Js. Pengujian sistem dilakukan dengan dua cara yaitu pengujian kotak hitam dan pengujian Alpa. Berdasrkan hasil pengujian kotak hitam dan pengujian Alpa yang dilakukan bahwa aplikasi yang dikembangkan memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan, dapat berjalan dengan baik, sangat mudah digunakan, tampilan yang menarik, lengkap, dan akses yang sangat cepat.


Keywords


Simulasi, Test kecerdasan/IQ, Web Mobile, android

References


Rahman, A. S., Wardani, S., & Fairuzabadi, M. (2018). Aplikasi simulasi test iq berbasis web mobile 1), 2018(Senadi), 3–6.

Jurusan, P. (n.d.). (2016) Perancangan Aplikasi Tes IQ Siswa untuk Pertimbangan Pemilihan Jurusan dengan Metode Forward Chaining, 102–112.

Muzawi, R., Efendi, Y., & Agustin, W. (2018). Sistem Pengendalian Lampu Berbasis Web dan Mobile. SATIN – Sains Dan Teknologi Informasi, 4(1), 29–35.

Nur’Ainun, N., Hartono, H., & Jimmy, J. (2017). Perancangan Aplikasi Mobile Repository Skripsi (Skripsi ALumni Mahasiswa) STMIK IBBI Medan Berbasis Android. Jurnal Ilmiah CORE IT,5(2),18–27. https://doi.org/10.30600/CIT.V5I2.29.

Taufik Ramadhan, V. G. U. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, , 5, 47–55. https://doi.org/10.1234/JTIK.V5I2.93.

Zebua, T., & Pristiwanto, -. (2017). Pembangunan Web Mobile Absensi Mahasiswa Pada Platform Android Yang Terintegrasi Dengan Website Utama Sistem Informasi Akademik (SIA) STMIK Budi Darma. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 2(1), 101–107. https://doi.org/10.1109/CMPSAC.2003.1245417

Sopiah, N., & Darma, U. B. (2014). Aplikasi latihan tes iq menggunakan android, (3), 163–172.

Tullah, R., Iqbal, M., & Cahyadiputra, A. S. (2015). Perancangan Aplikasi Simulasi Tes IQ Untuk Tingkat SLTA Berbasis Web. Jurnal SISFOTEK Global, 5(1), 31–36.


Full Text: Pdf

Article Metrics

Abstract View : 65 times
Pdf Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->