SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN PENERIMA BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA DINAS SOSIAL KABUPATEN PRINGSEWU MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Muhammad Arifin(1),


(1) Prodi Sistem Informasi (STMIK) Pringsewu.
Corresponding Author

Abstract


Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya merupakan program dari Kementrian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) yang bekerja sama dengan Dinas Sosial.Dimana Dinas Sosial mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintah daerah bidang sosial. Kabupaten Pringsewu terbagi menjadi 9 Kecamatan dan terdiri dari 126 Pekon dan 5 Kelurahan, sebagian besar sudah cukup layak huni, akan tetapi ada juga sebagian wilayah yang masih tertinggal dan masyarakat kurang mampu yang masih memiliki rumah yang tidak layak huni.Oleh karena itu melalui bantuan Stimulan Perumahan Swadaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial membantu dalam menetapkan masyarakat yang layak mendapatkan bantuan tersebut maka di butuhkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena mampu membantu memudahkan menentukan rumah warga yang tidak layak huni yaitu dengan melakukan perhitungan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dalam studi kasus ini yaitu kondisi rumah,pekerjaan,penghasilan dan sudah berkeluarga.Berdasarkan hasil pengujian sistem yang di bangun dapat membantu dalam menentukan penerima bantuan Stimulan Perumahan Swadaya yang dilaksanakan Dinas Sosial sehingga dapat mempercepat proses, mengurangi kesalahan, dan mempermudah dalam menentukan warga yang layak mendapatkan bantuan tersebut.


Keywords


Sistem pendukung keputusan,SAW,Kriteria

References


“http://www.rumahhokie.com/beritaproperti/ini-syarat-dapat-bantuan-program-bedah-rumah-dari-pemerintah. Di akses pada tanggal 11 Januari 2019.”

D. Guswandi, “Sistem Pendukung Keputusan Bantuan Bedah Rumah Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada Badan Amil Zakat,” Maj. Ilm. UPI YPTK Padang, vol. 24, no. 1, pp. 221–234, 2017.

V. Listyaningsih, H. Setiawan, E. Sudrajat, and R. P. Kristianto, “Dss Pemilihan Penerima Bantuan Perbaikan Rumah Dengan,” no. February, pp. 6–7, 2016.

A. Hamid and M. Muslihudin, “Masyarakat Berdasarkan Indikator Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Menggunakan Web Mobile ( Studi Kasus Desa Kutawaringin ),” Teknosi, vol. 2, no. 3, pp. 57–66, 2016.

H. Fadli, A. Khumaidi, J. Wisma, and R. No, “Model Pengambilan Keputusan Penerima Bantuan Bedah Rumah Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu Menggunakan Metode Saw,” no. 9, pp. 164–169, 2018.

M. Gumanti, T. S. Susilowati, F. Satria, and D. T. Pujiati, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Dari Dinas Pendidikan Kab. Pringsewu Menggunakan Metode SAW ( Studi Kasus Sma Muhammadiyah 01 Pringsewu ),” Pros. Senat., vol. 1, no. 0, 2015.

A. Agus Suryana, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Tempat Kost Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) ( STUDI KASUS : KOTA BENGKULU),” pp. 1–6, 2007.

Astriani, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Desa Miskin Di Wilayah Pringsewu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” no. 9, 2012.

M. L. Azzainabiy, “Implementasi Metode Simple Additive Weighting ( Saw ) Pada Sistem Pendukung Keputusan,” Jur. Tek. Inform., vol. 5, no. 4, pp. 157–162, 2017.

D. Lidia Purwani, R. Renaldo, Nungsiyati, and M. Muslihuddin, “Model Kebijakan Prioritas Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pdam Kab. Pringsewu Menggunakan Fuzzy Atribut Decission Making (FMADM) Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” Manaj. Sist. Inf. Dan Teknol., vol. 6, no. KINERJA PDAM KAB. PRINGSEWU, pp. 17–22, 2016.


Full Text: Untitled

Article Metrics

Abstract View : 71 times
Untitled Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->