SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK MENDIAGNOSA HAMA PENYAKIT PADA TANAMAN PISANG

Sayyid Azam AlGifari

Abstract


Perkembangan teknologi komputer mengilhami untuk dibuatnya aplikasi komputer “Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Tanaman Pisang Berbasis Web”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi komputer yang dapat digunakan oleh orang awam baik itu petani Pisang ataupun masyarakat umum yang ingin mengetahui informasi tentang tanaman Pisang Ambon. Pada sistem ini dibangun sebuah progam dimana progam ini berguna untuk mendiagnosa hama dan penyakit pada tanaman Pisang Ambon. Terdapat 37 Gejala yang menghasilkan 5 diagnosa disebabkan oleh hama yaitu Ulat Penggulung Daun, Uret Kumbang, Nematoda, Kudis Buah dan Kutu Daun serta menghasilkan 4 diagnosa disebabkan oleh penyakit yaitu Layu Fusarium, Layu Bakteri/Penyakit Darah, Kerdil Pisang dan Bercak Daun. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam merancang Sistem Pakar ini adalah PHP. Untuk penyimpanan data, penulis menggunakan MySQL. Metode yang digunakan untuk menentukan jenis hama dan penyakit, penulis menggunakan Metode fuzzy logic. Sementara untuk membangun aplikasi Sistem Pakar ini, penulis menggunakan aplikasi berbasis Web yang bertujuan agar penggunaannya lebih luas, sehingga petani/masyarakat umum tidak harus berkonsultasi dengan seorang pakar cukup dengan menggunakan aplikasi ini. Hasil dari aplikasi ini, pengguna akan diberikan solusi tentang hama ataupun penyakit yang menyerang tanaman Pisang Ambon serta cara pengobatannya sehingga dapat menanggulangi hama dan penyakit sejak dini. 


Keywords


Sistem, Pakar, Fuzzy logic, Penyakit dan Hama Pisang

Full Text:

PDF

References


Santoso. 2011. Aplikasi sistem pakar untuk simulasi diagnosa Hama dan penyakit tanaman bawang merah dan Cabai menggunakan forward chaining dan Pendekatan berbasis aturan. Universitas Diponegoro. Semarang.

Wijaya. 2013. Aplikasi Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Pada Tanaman Pisang. Universitas Mulawarman. Samarinda

Ignizio. 2011. Implementasi mesin inferensi fuzzy (studi kasus sistem pakar untuk mendiagnosa Penyakit tanaman cabe merah). Yogyakarta

Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian. 2010. Budidaya Tanaman Pisang. Jakarta

Kusumadewi. 201. Implementasi sistem pakar diagnosis penyakit diabetes Mellitus menggunakan metode fuzzy logic Berbasis Web. Semarang

Zadeh. 2010. Pembuatan program aplikasi untuk mengidentifikasi Hama dan penyakit padi. Universitas Diponegoro. Semarang

Kadir. 2009. Aplikasi Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Pada Tanaman Pisang. Universitas Mulawarman. Samarinda


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.