PENGGUNAAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SPK PENENTUAN BIJI KOPI BERKUALITAS (STUDI KASUS : PETANI KOPI GISTING - LAMPUNG)

Arlyo Winalda

Abstract


Biji kopi berkualitas yang akan diproduksi oleh para petani sangat mempengaruhi pendapatan atau keuntungan para petani itu sendiri, semakin baik kualitas yang diproduksi oleh para petani, maka kuantitas biji kopi yang akan di jual akan semakin tinggi. Sistem pendukung keputusan merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan dan pemanipulasian data. Sebenarnya ada beberapa definisi yang berhubungan dengan kualitas, tetapi secara umum dapat dikatakan bahwa kualitas atau mutu adalah karakteristik dari suatu produk atau jasa yang ditentukan oleh pemakai atau customer dan diperoleh melalui pengukuran proses serta melalui perbaikan yang berkelanjutan (Continuous Improvement), Serta untuk mengetahui biji kopi yang berkualitas maka adapun kriteria yang harus dipenuhi untuk mengetahui perankingannya, Yaitu kadar air, kadar kotoran, ukuran biji, warna biji, ukuran biji dan aroma biji. Metode Simpel Additive Weighting (SAW) sering juga dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut (Fishburn, 1967) (MacCrimmon, 1968). Metode Simple Additive Weighting (SAW) membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua alternatif yang ada.


Keywords


Kualitas, Kopi, SPK, SAW

Full Text:

PDF

References


Desi Reskika Sari. 2013. Perancangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan

Penentuan Lokasi Pemasaran Rumah Dengan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus: PT. Vista Estate Medan). STMIK Budi Darma Medan.

Hardono Christanto Lumbantoruan. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Biji Kopi Berkualitas Ekspor Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : PT Volkopi Indonesia Lintongnihuta Humbang Hasundutan). STMIK Budi Darma Medan.

Hotman Ginting Munthe. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi Guru Dengan Metode Simple Additive Weighting(SAW). STMIK Budi Darma Medan.

Sri Eniyati. 2011. Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting)). Universitas Stikubank.

http://justfrisca.blogspot.co.id/2013/05/sistem-pendukung-keputusan.html

http://pbsabn.lecture.ub.ac.id/2012/05/definisi-sistem-pendukung-keputusan-decision-support-system/

http://poepoedz.tumblr.com/post/62686236881/tugas-sim-12-sistem-pendukung-keputusan

http://www.etunas.co.id/blog/2015/08/13/pengertian-metode-simple-additive-weighting-saw/

http://www.landasanteori.com/2015/10/metode-simple-additive-weighting-saw.html

http://www.rumahkopi.com Diakses Pada

Tanggal 01 Desember 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My StatsĀ 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.