SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMILIH SISWA BERPRESTASI DI SMK AL BASYARI SENDANGAGUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS(AHP)

Edi Triono

Abstract


Sekolah menengah kejuruan SMK Al Basyari Sendangagung,merupakan sekolahan yang memiliki visi dan misi menjadi SMK bertaraf nasional untuk menghasilkan tamatan yang profesional, mandiridan kompetetif serta berakhlak mulia .sehingga para siswa di tuntut memiliki ketrampilan khusus disertai dengan prestasi yang baik. Sebuah instansi harus mengambil keputusan yang sangat tepat, bila hal ini dilakukan dengan baik dan benar maka akan menghasilkan  pemilihan siswa yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan kelak nanti. Untuk melakukan proses seleksi tersebut maka perlu di bentuk suatu sistem pendukung keputusan guna menyelesaikan masalah yang ada yaitu menggunakan Analitycal Hierachy Proses (AHP) sebagai metode pengambilan keputusan. metode AHP adalah metode sintesa dari perhitungan eigen vektor berbasis pada matriks perbandingan berpasangan dari prameter kriteria dan alternatif yang berasal langsung dari responden. Pada metode ini peneliti menggunakan lima faktor kriteria yaitu : Prestasi akademik ,prestasi non akademik, absensi, sikap dan bakat. Hasil dari penelitian ini memudahkan pengambilan keputusan dalam menentukan siswa berprestasi dengan kriteria-kriteria yang telah disusun dengan menggunakan metode AHP.


Keywords


Sekolah Menengah Kejuruan, Analytical Hierarchy Prosess, Pemilihan siswa berprestasi, sistem pengambilan keputusan

Full Text:

PDF

References


Dyah. Ayu, S.Kom, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Terbaik. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Winarti. Sri. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan. Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan Yokyakarta.

Taufik Rohmat. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan. Universitas Muhammadiyah Tanggerang-Banten (UMT).

Agus Sari Nurma. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi.

Lesdiana. Pengambilan Keputusan Penerima Beasiswa. Jurusan Sistem Informasi STIMIK Pringsewu Lampung.

Magdalena Hilyah. Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Mahasiswa Lulusan Terbaik. Program Studi Sistem Informasi, STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.

Windarto Rony. Minat Siswa Melanjutkan ke SMK. Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PPs UNY.

Taufik Rohmat. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan. Program Studi Tehnik Informatika – Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tanggerang-Banten (UMT).

Sulistyo Nugroho Ardy. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Terbaik. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.