PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENERIMAAN SISWA BARU DI SMK NEGERI 1 TALANG PADANG MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Eva Yuliani

Abstract


SMK Negeri 1 Talang Padang merupakan sekolah yang masih mengunakan sistem manual untuk proses akademik. Adapun maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari proses sistem penerimaan siswa baru yang masih dikerjakan dengan sistem manual menjadi sistem yang terkomputerisasi dan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) sebagai algoritmanya untuk mempermudah dalam proses seleksi penerimaan siswa baru. Perancangan sistem yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Prototipe, alat yang digunakan untuk merancang sistem berupa Flow Map (Bagan Alir Dokumen), Contex Diagram (Diagram Konteks), DFD (Data Flow Diagram). Sedangkan alat pengembangan aplikasi database menggunakan MySQL dan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0.Sistem yang dibuat ini juga mempunyai kelebihan yaitu membantu user/panitia penerimaan siswa baru untuk dapat mengolah data calon siswa baru, data nilai calon siswa baru, penyeleksian siswa baru, dan data registrasi. Selain itu efisiensi waktu lebih terjamin dan juga membantu dalam proses pembuatan laporan-laporan yang dibutuhkan oleh user serta siswa baru  itu sendiri.

 


Keywords


Simple Additive Weighting (SAW), SPK, siswa baru.

Full Text:

PDF

References


Dr. Ir. Kadarsyah Suryadi. 2002. Sistem Pendukung Keputusan dalam Penerimaan Beasiswa pada SMA Negeri 1 Garut.

Kusumadewi dalam Jurnal Asep Kamaludin. 2012. Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Calon Pelamar Kerja dan Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Surabaya

Litle. 2012. Sistem Penunjang Keputusan pada Penerimaan Siswa SMK. Bandung

Raymond McLeod. 1998. Sistem Pendukung Keputusan pada Penerimaan Karyawan PT. Tapioka. Jakarta.

Suryadi. 2012. Sistem Pendukung Keputusan. Medan.

Verina, Yohana & Kartina. 2012. Dalam Jurnal Sistem Pendukung Keputusan pada Pemilihan Jurusan Tingkat SMK. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.