SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN SISWA BERPRESTASI PADA SMK MUHAMMADIYAH 2 KALIREJO MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Fajar Deswantoro

Abstract


Untuk menentukan siswa berprestasi pada SMK MUHAMMADIYAH 2 Kalirejo, maka proses belajar siswa perlu diperhatikan karena sangat penting, sehingga siswa harus diperhatikan prestasinya. Untuk menentukan siswa  yang berprestasi tentunya banyak  sekali kriteria-kriteria yang harus dimiliki individu sebagai syarat dalam mendapatkan penghargaan sebagai siswa berprestasi. Masing-masing perusahaan pasti memiliki kriteria-kriteria untuk menentukan siapa yang akan terpilih untuk menerima panghargaan siswa  berprestasi. Seperti di SMK MUHAMMADIYAH 2 Kalirejo, kriteria-kriteria penilaian yaitu kehadiran, kedisiplinan , dan kuisioner guru. Sisten pendukung keputusan di perlukan agar dalam evaluasi  lebih efektif dan efisien dari sistem yang sedang berjalan pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem pendukung keputusan yang memiliki kemampuan analisis evaluasi  menggunakan metode Simple Additive Weghting (SAW). Sistem pendukung keputusan ini diharapkan mampu membantu para guru dalam penilaian,  melakukan perubahan dalam kriteria penilaiaan. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambilan keputusan dalam mengevaluasi  dan menentukan siswa berprestasi. 


Keywords


SPK, Siswa Berprestasi, SAW

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta: 2002.

Indrawaty, Youllia dan Prasetya, Adi, Restu. 2011. Implementasi Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem pengambilan Keputusan Sertifikasi Guru. Institut Teknologi Nasional Bandung.

Ipnuwati, Sri.2012. Sistem Penunjang Keputusan Guru Berprestasi Pada SMK PGRI 1 Kedondong. STMIK Pringsewu Lampung.

Jogiyanto HM. 2005. Sistem Teknologi Informasi. Andi. Yogyakarta.

Sugiyono (2009: 96), Pengertian Hipotesis.

Turban, E., dkk, 2003, Decision Support Systems and Intelligent Syatems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) Jilid 1. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.