DECISION SUPPORT SYSTEM PEMETAAN LAHAN PERTANIAN YANG BERKUALITAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI PADI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Study Kasus Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu)

Firza Adi Firdiansah

Abstract


Kabupaten Pringsewu merupakan kabupaten agraris dengan mata pencaharian utama penduduk berasal dari pertanian agroindustri. Untuk kegiatan pertanian onfarm, komoditi yang banyak dibudidayakan adalah tanaman pangan palawija dan padi. Salah satu faktor kunci dalam menciptakan  pemerataan pembangunan atau pengembangan wilayah yang tepat guna dan tepat hasil salah satunya adalah faktor pertanian. Sedangkan untuk mengetahui kelayakan suatu daerah pertanian dapat  dilakukan dengan mengadakan sebuah penilaian. Penilaian yang dilakukan Dinas Pertanian dalam  penentuan kelayakan daerah pertanian meliputi penilaian kriteria-kriteria suatu daerah. Adapun kriteria-kriteria suatu daerah yaitu jenis tanah, curah hujan, perairan, suhu, dan tekstur tanah. Pemanfaatan sistem pendukung keputusan sangat membantu dalam penentuan kelayakan daerah pertanian, dan disertai dengan metode Simple Additive Weighting (SAW), metode ini dapat  menyelesaikan penelitian dengan  mencari  nilai  bobot  untuk  setiap  atribut,  kemudian  dilakukan   proses  perankingan  yang  akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu daerah yang layak untuk pertanian. Dengan adanya sistem pendukung keputusan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan dengan perancangan berorientasi objek menggunakan Unified Modeling Language (UML) ini akan lebih mempermudah Dinas Pertanian dan Instansi lainnya dalam memantau maupun mendapatkan informasi tentang pertanian yang berguna untuk pembangunan sektor pertanian.


Keywords


SPK, SAW, Pemetaan Lahan

Full Text:

PDF

References


Durkin,A. (2008). Panduan Praktis pengembangan program WAP.

Yogyakarta: Wahana Komputer

Giranto, dan Rili. (2008). Informasi Mengenai Sistem Pakar. Jakarta: Balai Pustaka.

Hakim,M, dan Uus.(2008). Rahasia dan Trik menguasai PHP. Jakarta : PT Gramedia

Ignizio, M. (2009). Informasi Mengenai Sistem Pakar. Jakarta: Balai Pustaka.

Kusuma, D. (2008). Informasi Tentang Sistem Pakar. Jakarta: Balai Pustaka

Nurhadi, T. (2009). Pemrograman WML dan WMLS hadirkan Diri Anda di Mobile Internet. Yogyakarta : Andi

Seto, R. (2011). Sistem Pakar Untuk Deteksi Penyakit Pada Daerah Mulut. Surabaya: Dani.

Syarif, I. (2012). Pembuatan Alat Bantu Ajar Sistem Pakar dengan Tekhnik Inferensi Backward Chaining. Surabaya : Balai Pustaka.

Warhani, DP. (2014). Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Stadium Penyakit Kanker. Surabaya: Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya.

Whitten, LP. (2014). Metode Desain dan Analisis Sistem. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.