SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MAHASISWA BERPRESTASI DI STIKES MUHAMMADIYAH PRINGSEWU DENGAN METODE SAW

Fitria Ningsih

Abstract


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan merupakan perguruan tinggi yang unggul dalam bidang kesehatan, yang terletak di Kabuapten Pringsewu. Dengan dibantu tenaga pengajar/dosen serta dilengkapi sarana dan prasarana yang optimal dalam kegiatan belajar mengajar dan kegiatan praktik mahasiswa. Sehingga menghasilkan kandidat-kandidat mahasiswa yang berpeluang mendapatkan prestasi. Prestasi yang mereka peroleh dapat berupa prestasi akademik. Semua itu masuk dalam kriteria mahasiswa yang dianggap berprestasi. Untuk membantu penentuan dalam penetapan siswa yang dianggap berprestasi maka dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan.

 

Dalam proses pembangunan system pendukung keputusan untuk menentukan mahasiswa berprestasi pada STIKes Muhammadiyah Pringsewu digunakan metode Fuzzy Multiple Attribut Decission Making (FMADM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternative terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu siswa yang dikatakan mendapatkan prestasi berdasarkan atas kriteria-kriteria tertentu.

 


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, FMADM, SAW, Kriteria.

Full Text:

PDF

References


Abadi, S. 2010. International Seminar On Business And Information Technology.

Apriansyah,Diana.2011.Penentuan Penerima Beasiswa dengan Menggunakan FuzzyMADM. SemnasIF.

Asep. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Alternatif Alat Kontrasepsi Menggunakan Simple Additive Weighting.

Dani. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa di PT.Indomarco Prismatama Cabang Bandung.

Henry, Riska, Andi, Kurnia. 2009. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Bank BRI Menggunakan FMADM. SNATI.

Verina, Yohana, Kartina. 2012. Aplikasi Tutorial Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal teknik Informatika.

Vol 1.

http://dheearh.blogspot.co.id/2013/01/laporan-spk-menggunakan-metode-fmadm.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.