PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 GISTING DENGAN METODE SAW (Simple Additive Weighting)

Fredi Wiranata

Abstract


SMA  Muhammadiyah 1 Gisting  merupakan sekolahan  swasta  yang ada didaerah gisting Kab Tanggamus. Seiring dengan banyaknya  siswa kurang mampu dan siswa berprestasi, maka diadakan beasiswa oleh Dinas Pendidikan. Pembagian beasiswa dilakukan untuk membantu seseorang yang tidak mampu ataupun berprestasi selama menempuh studinya. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem  pendukung keputusan. Dalam proses pembangunan sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerima beasiswa di SMA Muhammadiyah 1Gisting mengggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternative terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yang berhak menerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu siswa terbaik. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat membantu kerja tim penyeleksi beasiswa dalam melakukan penyeleksian beasiswa, dapat mempercepat proses penyeleksian beasiswa, dapat mengurangi kesalahan dalam menentukan penerima beasiswa, dan dapat mempermudah tim penyeleksi dalam menentukan penerima beasiswa.


Keywords


Simple Additive Weighting (SAW), Beasiswa, nilai bobot

Full Text:

PDF

References


Gunawan, Kusuma Praningrum Ririn, Wigati Restu,“Pengembangan Sistem Penunjang Keputasan Bentuan Pemberian Beasiswa Tingkat Sekolah”, Medan, 2013.

Hermawan , Sistem Penunjang Keputusan. ( 2005 : 9).

- - - - - - - -, Membangun Decision Support. (2005 : 9).

Kusumadewi, “Sistem Pedukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Dengan Metode Simpe Additive Weighting (SAW). (2006 : 12).

Kartiko dani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa DiPT.Indomarco Prismatama Cabang Bandung”.

Putra Deni, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa PT.Telkom Simple Additive Weighting”, Limun Medan, 2014.

Pujatma Dio, “Implementasi Algoritma Saw (Simple Additive Weighting) Untuk Mendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa PPA Pada Universitas Dian Nuswantoro).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.