SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN DI SMA MA’ARIF 05 PADANG RATU MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Galuh Hardi Putra

Abstract


Pemilihan jurusan SMA merupakan persoalan yang penting dalam mengetahui kemampuan para siswa SMA Ma’arif 05 Padang Ratu khusunya pada siswa kelas X yang akan naik kekelas XI. Hal ini ditujukan untuk mengetahui jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa, mengingat pemilihan jurusan bagi siswa SMA merupakan awal dari pemilihan karir siswa kedepannya. Penjurusan di SMA Ma’arif 05 Padang Ratu ini mempunyai beberapa kriteria, sehingga membuat guru Bimbingan Konseling (BK) kesulitan. Untuk itu pihak sekolah mengharapkan adanya sistem informasi pendukung keputusan penjurusan yang dapat membantu dan mempermudah kurikulum dalam penjurusan siswa dikelas X yang akan naik ke kelas XI.

Metode penelitian yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan penjurusan SMA adalah metode quisioner dan metode observasi. Metode observasi yang dilakukan adalah melakukan pengamatan dan penelitian langsung ke SMA Ma’arif 05 Padang Ratu. Sedangkan metode quisiner mengumpulkan informasi terhadap hasil siswa dan siswi disekolah.

Untuk metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk melakukan proses penjurusan di SMA dengan beberapa kriteria yaitu nilai raport, nilai psikotest, nilai IQ, nilai perilaku dan minat siswa. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan Database Microsoft Office Acces 2007.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Analitycal Hierarchy Process (AHP), Pemilihan Jurusan

Full Text:

PDF

References


Kusrini, 2007, : “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”, Yogyakarta : Andi

Rini Artika, Pelita Informatika Budi Darma : IV, Nomor : 3, Agustus 2013 ISSN: 2301-9425, “Penerapan Analitycal Hierarchy Process (AHP) Dalam Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Pada SD 3 Negeri 3095224” Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, STMIK Budidarma Medan, Medan.

Saaty, T. Lorie. 1993. “Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin Proses Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks” Pustaka Binama Pressindo.

Turminanto, INFOKES, VOL. 2 No. 1 Agustus 2012 ISSN : 2086-2628, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk Presentasi Kinerja Dokter Pada RSUD Sukoharjo”. APIKES Citra Medika Surakarta, Surakarta.

W.R, Borg dan M.D, Gall, 1989; “Educational An Introduction Fifth Edition”, New York: Longman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.