SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI NASABAH PEMINJAM DANA DI BRI TEKAD DENGAN METODE ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Imam Mustakim

Abstract


Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran. Banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan SPK, salah satunya adalah penentuan kelayakan nasabah peminjam dana Bank Rakyat Indonesia Tekad. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam membangun suatu SPK diantaranya Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam memecahkan permasalahan yang bersifat multikriteria, seperti dalam SPK penentuan kelayakan nasabah peminjam dana. Penelitian ini menggunakan metode AHP dalam menentukan kelayakan nasabah peminjam dana di BRI Tekad. Dalam penentuan kelayakan nasabah peminjam dana, ada beberapa kriteria yang menjadi dasar pengambilan keputusan antara lain status kredit, produktivitas usaha, kondisi usaha, jaminan, dan kolektibilitas. Status peminjam berarti calon peminjam dana tidak sedang menerima pinjaman dana di tempat lain. Produktivitas berarti apakah usaha yang dijalankan tersebut produktif atau tidak, dilihat dari lokasi usaha, jenis usaha, dan pendapatan perbulan. Kondisi usaha berarti apakah usaha yang dijalankan tersebut berjalan dalam kondisi yang baik atau tidak, dilihat dari manajemen usaha, peralatan usaha, dan Sumber Daya Manusia (SDM). Jaminan berarti agunan dalam bentuk apa yang akan dijadikan agunan, seperti rumah/ruko, tanah, dan BPKB. Sedangkan kolektibilitas berarti kelancaran calon pemimjam dana dalam membayar angsuran tiap bulannya. Adapun hasil akhir dalam penelitian ini adalah hasil prioritas global kriteria nasabah, yang diurutkan dari yang tertinggi hingga terendah, sehingga pihak bank dapat dengan mudah mengambil keputusan dengan melihat hasil tersebut.


Keywords


SPK, Analitical Hierarchy Process (AHP), Bina Usaha, BRI

Full Text:

PDF

References


Amborowati. 2009. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Pada PT. XYZ. Universitas Gunadarma.

Davis. 2010. Keputusan dalam Kebijakan Pemerintah dalam Otonomi Daerah. Yogyakarta.

Dewi. 2009. Pendukung Keputusan dalam Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode AHP. Bandung

Djekky. 2013. Analisis Sistem Informasi. Bandung.

Follet dalam jurnal Rini. 2012. Aplikasi Penunjang Keputusan dalam Penerimaan Beasiswa. Bandung.

Hermawan. 2009. Decision Support System pada Perusahaan Pertamina. Palembang.

Jhon Manama dalam Jurnal Ratnadewi. 2011. Perancangan Sistem Informasi SMP Negeri 1 Pasuruan. Bandung

Kusrini. 2009. Sistem Penunjang Keputusan (SPK). Yogyakarta.

L. James Havery dalam jurnal Taufik. 2013. Sistem Informasi Penjualan Retail. Jakarta.

Muslihudin. 2015. KNSI jurnal Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa Berprestasi pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Huda Pringsewu Menggunakan Metode AHP. Pringsewu Lampung

Prajudi. 2013. Keputusan dalam Pemilihan Sekolah Penerima Bantuan DAK. Medan

Turban. 2005. Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta.

Saaty dalam jurnal Yohanes. 2009. Penggunaan Metode Analitical Hierarchy Process dalam Pengambilan Keputusan. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My StatsĀ 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.