SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KARYAWAN TERBAIK DI BMT SEPAKAT PONCOWARNO DENGAN MENGGUNAKAN METODE VISUAL BASIC

Isnaini Lufiitasari

Abstract


Pemilihan karyawan terbaik secara periodik menjadi suatu proses yang lama dan rumit. Keputusan seseorang salah karena proses pemilihan karyawan berdasarkan subjektifitas. Oleh karena itu diperlukan sistem pendukung keputusan untuk proses pemilihan karyawan tersebut. Sistem pendukung keputusan ini, dapat menentukan nilai perhitungan terhadap semua kriteria. Sistem ini menggunakan metode Visual Basic Metode ini merupakan suatu metode yang mencari penjumlahan terbobot. Pada studi kasus BMT Sepakat Poncowarno terdapat empat kriteria yaitu pekerja prestasi, pekerja aktif, pekerja peduli safety dan pekerja sehat. Setiap alternative (karyawan) akan memiliki kriteria-kriteria tersebut. Dalam hal ini untuk menentukan karyawan terbaik dilakukan dengan cara menjumlahan bobot dari rating kinerja pada setiap alternatif untuk semua atribut. Nilai yang lebih besar akan mengindikasikan bahwa alternatif lebih terpilih. Pada kasus tersebut metode Visual Basic ini dapat menentukan karyawan terbaik berdasarkan nilai tertinggi. Sebelumnya di BMT Sepakat Poncowarno menggunakan satu kriteria untuk satu orang dan akan dikembangkan menjadi empat criteria untuk satu orang, setelah diuji dengan sistem hasilnya sama. Dengan demikian sistem ini mampu menangani perhitungan penilaian karyawan terbaik di BMT Sepakat Poncowarno sehingga (misal manajer personalia) tidak akan kesulitan dalam menentukan karyawan yang terbaik.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Visual Basic,

Full Text:

PDF

References


Andayani, Sri, Mardapi, D., 2012, Performance Assesment dalam Perspektif Multiple Criteria Decision Making, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Bungin 2011 Sistem teknologi informasi Yogyakarta. Andi Offset

Djazuli 2002 Fuzzy Multi-Atribut Decision Making (Fuzzy MADM), Cetakan 1, Graha Ilmu Yogyakarta.

Kusumadewi. Sri et al. (2006). Fuzzy Multi-Atribut Decision Making (Fuzzy MADM), Cetakan 1, Graha Ilmu Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri dan Purnomo, H. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, Edisi 2, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tata Sutabri, S.Kom., 2007, Analisa Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta. Penilaian Kinerja Karyawan, URL : http://jurnal sdm.blogspot.com/2009/04/penilaian kinerja karyawan.html, 2009, diunduh pada 01 April 2013.

Subri 2002 Sistem teknologi informasi Yogyakarta. Andi Offset

Sudjana 2009 pengenalan aplikasi system informasi manajemen, Yogyakarta: Andi Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My StatsĀ 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.