SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS PENERIMAAN BEASISWA DI SMP N 5 PRINGSEWU)

Jumirin Jumirin

Abstract


Seiring dengan banyaknya siswa kurang mampu dan siswa berprestasi, maka di adakan beasiswa oleh dinas pendidikan,yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang di tempuh. Pembagian beasiswa di lakukan untuk membantu seseoarang yang tidak mampu ataupun berprestasi selama studinya. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak merima beasiswa berdasarkan kriteria- kriteria yang ditentukan. Penelitian di tentukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perangkingan yang akan menetukan alternative yang optimal, berdasarkan hasil pengujian system yang di bangun dapat membantu kerja tim menyeleksi beasiswa dalam melakukan penyeleksian beasiswa dan mempercepat proses penyeleksian beasiswa.

 


Keywords


Sistem pendukung keputusan, beasiswa, analytical hierarchy process

Full Text:

PDF

References


Amardyah Amborowati (2004). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Perumahan dengan Metode AHP menggunakan Expert Choice.

--------------- (2005). Modul Praktikum Teknik Industri III. Universitas Widyatama. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Berdasarkan Kinerja.

Johannes Sinaga (2009). Penerapan Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Pemilihan Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sebagai Tempat Kerja Mahasiswa Universitas Sumatera Utara.

Sotir, Sotirov and Andrey, Nenov (2000). Tutorials Expert Choice,Vol. 4 No. 1, Maret 2006, ISSN : 1693 – 5373, Computer Science Journal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.