SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KAIN TAPIS MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Studi Kasus : Usaha Kecil Menengah (UKM) Flamboyan – Pagelaran)

Riri Rikma Ratri

Abstract


Kain tapis adalah pakaian wanita suku Lampung berbentuk kain sarung yang terbuat dari tenunan benang kapas dengan motif atau hiasan yang disulam (dicucuk) dengan benang emas. Kain tapis merupakan salah satu jenis kerajinan tradisional Lampung, karena itu munculnya kain tapis ini ditempuh melalui berbagai tahapan-tahapan waktu yang mengarah kepada kesempurnaan teknik tenunnya, maupun cara-cara memberikan ragam hias yang sesuai dengan perkembangan kebudayaan masyarakat.Untuk mendapatkan kain tapis yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan seorang pemakai kain tapis, maka diperlukan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pemakai untuk memilih kain tapis. Dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) pemakai bisa memilih pengggunaan kain tapis dengan mengidentifikasikan penggunaan berbasis pemakai berdasarkan inventaris variabel yang sesuai dengan harga, tingkat kesulitan pembuatan, kualitas bahan, dan proses pembuatan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal. Dengan adanya sistem pendukung keputusan pemilihan kain tapis maka dapat membantu pengguna kain tapis dalam menentukan kain tapis.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan kain tapis, SAW

Full Text:

PDF

References


Anggraeni Dwi,Iwan Kurniawan, (2015),Sistem Informasi Analisa Status Gizi Balita Berbasis Client Server Berdasarkan Standar Baku WHO-NCHS, Semarang:Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Volume 8 Nomor 1.

Asnawati, Indra Kanedi, (2012),Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat Karyawan Perseroan Terbatas Pelayaran Kumafa lagun Marina Bengkulu, Bengkulu: Jurnal Media Infotama Vol.8 No.1 Februari.

Banon Eko Susetyo,M.Si. Kain Tapis Lampung. Lampung: Graha Pustaka,2011

Henry Wibowo S, Riska Amali, Andi Fadlun, Kurnia Arivanty (2009), Sistem Pendukung Keputusan Untuk Untuk Menetukan Penerima Beasiswa Bank BRI menggunakan FMADM (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI 2009)

Siti Maftukhah, Rusito (2015), Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Alat Kontrasepsi Berbasis WEB menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), Semarang:Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Volume 8 Nomor 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.