SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) DI SDN 3 PONCOKRESNO MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Vico Gabta Mahendra

Abstract


Bantuan bagi siswa kurang mampu yang selanjutnya disebut Bantuan Siswa Miskin (BSM) adalah bantuan dari pemerintah berupa jumlah uang tunai yang diberikan langsung kepada siswa yang berasal dari keluarga miskin. Siswa yang diberikan BSM yaitu peserta didik yang belajar di SD, SMP, SMA dan SMK baik negeri maupun swasta. Penerima BSM adalah siswa yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berdasarkan mekanisme yang telah ditetapkan.  Agar proses seleksi beasiswa BSM di tingkat sekolah dapat tepat sasaran maka diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode Simple Additive Weighting (SAW) sering dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar dari metode simple additive weighting (SAW) adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut. Pada penelitian  ini akan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Penelitian dilakukan dengan  mencari nilai  bobot untuk setiap  atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu keluarga siswa miskin


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Fuzzy, Metode Simple Additive Weighting (SAW), dan Bantun Siswa Miskin (BSM).

Full Text:

PDF

References


Wibowo, Henri. Dkk. 2009. Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Beasiswa Bank BRI Menggunakan FMADM, JurusanTeknik Informatika, FakultasTeknologi Industri, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Alit,Putri. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Cerdas Dalam Penentuan Penerima Beasiswa,. JurusanTeknik Elektro,PoliteknikNegeriBali.

Hafsah.2008. Sistem Pendukung Keputusan Pemilian JurusanDiSmu Dengan Logika Fuzzy, Jurusan Teknik Informatika, UPN“Veteran” Yogyakarta.

Isnanto,Rizal.2009.Perancangan Aplikasi Agenda UjianTugasAkhirBerbasisWeb ,Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Diponogoro.

Dadan Umar Daihani, 2001, Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit ElexMedia Komputindo, Jakarta.

Kusrini, 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2007.

Hermawan, Julius. 2002. Proses Pengambilan Keputusan. Penerbit ElexMedia Komputindo, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.