SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU MENGGUNAKAN METODE SAW (Simple Additive Weighting) PADA SMA N 01 SIDOREJO

Yuna Ningsih

Abstract


Kemampuan seorang guru dalam mengajar dan menyampaikan materi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan dan kemajuan para siswa/siswi.untuk itu setiap sekolah memiliki kriteria yang digunakan untuk memberikan penilaian terhadap kinerja para guru. Di SMA N 01 Sidorejo selama ini dalam memberikan penilaian terhadap kinerja guru masih dilakukan secara manual. Dari menentukan kriteria dan memberikan bobot nilai semuanya masih dilakukan secara manual. Dalam menentukan kinerja karyawan tentunya banyak criteria yang telah ditentukan. Karna banyak nya criteria inilah yang terkadang membuat pihak sekolah kesulitan dan kerepotan. Hal ini dikarnakan bukan hanya satu guru yang akan diberikan penilaian, melainkan semua guru juga harus diberikan penilaian agar kemampuan para guru dapat terpantau. Karna semua proses pengumpulan,pemasukan, dan pengeluaran data masih dilakukan secara manual maka sering sekli terjadi kesalahan dalam memberikan penilaian. Karna kesalahan tersebut akibatnya pihak guru lah yang dirugikan. Hasil dari penilaian kinerja guru ini nantinya dapat digunakan untuk menentukan siapa yang berhak mendapatkan penghargaan sebagai guru terbaik dan nantinya juga dapat digunaka sebagai rekomendasi kenaikan gaji para guru dengan syarat memiliki kualifikasi nilai tertinggi. Informasi yang tidak akurat akibat Kesalahan dalam memberikan penilaian tentunya juga merugikan pihak murid karna harus diajar oleh guru dengan kemampuan yang tidak sesuai standard. Maka dari itu sebuah sistem yang dapat memberikan penilaian kinerja guru harus dibuat. sistem yang dibuat diharapkan  dapat membantu pihak sekolah dalam melakukan penilaian terhadap kinerja guru. Hasil dari jurnal ini berupa rancangan sistem penilaian kinerja guru yang telah diperbaiki menggunakan metode SAW yaitu mencari alternative terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dengan metode ini pihak sekolah menginginkan sistem yang mampu mengatasi bila suatu saat ada perubahan jumlah dan nama kriteria. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternative yang optimal, yaitu guru terbaik.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, SAW, penilaian kinerja guru.

Full Text:

PDF

References


Agus Mulyanto, (2009). Sistem Informasi Konsep Dan Aplikasi

Azhar Susanto (2004:341) Model Perancangan Sistem Development Life Cycle (SDLC).

Basuki, Heru, (2006). Metode pengumpulan data.

Gorry and Scott-Morton, Effraim, (2007), Konsep Sistem Pendukung Keputusan.

Kurbel, (2008: 4). The Making Information Sistem.

Raymond Mc. Leod (2007:12). Sistem Informasi Manajemen.

Rivai & Basri (2004) Jurnal SDM Penilaian Kinerja.

Robert A. Leitch dan K. Roscoe, (1999: 11), buku Jogiyanto HM.,

S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko and R. Wardoyo, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM)., Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Satzinger, Jackson, dan Burd, (2010: 6). Sistems Analysis & Design in a changing world.

Sugiyo,(2010:194). Metode pengumpulan data

Susanti Nila, Sri Winiarti,(2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kualitas Kayu Untuk Kerajinan Meubel, Yogyakarta:Jurnal Sarjana Teknik Informatika Volume 1 Nomor 1

Yakub,(2012). Pengantar Sistem Informasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.