E-GOVERNMENT PEMBERDAYAAN DESA SANGUNRATU DAN POTENSI DESA BERBASIS WEB

Mely Yana

Abstract


Desa Sangunratu ini merupakan kawasan yang perlu dijawab oleh lembaga pemerintah dalam menjalankan fungsinya didalam suatu kekayaan potensi desa yang bersumber penghasilan seperti pertanian dan tambang batu. Untuk mengembangkan potensinya perlu dilakukan mobilitas penduduk agar ada peningkatan interaksi dan transaksi ekonomi. Tujuan penelitian adalab’h memilih desa yang pontesial untuk kehidupan masyarakat. Mengenai pemberdayaan potensi desa ini perlu dijalankan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan sumber informasi dalam volume yang besar serta cepat dan akurat.  Mengacu pada visi “Mewujudkan Desa Sangunratu yang memiliki potensi baik dengan adanya sistem yang berbasis web atau online”. Penulis memanfaatkan infrastruktur yang ada dengan membangun aplikasi yang bersifat e-Government. Desa Sangunratu ini dalam  mengembangan  suatu potensi desa masih secara  manual  tidak menutup kemungkinan data-data yang  disampaikan  kurang  akurat ataupun cepat,  lagipula adanya potensi-potensi desa yang belum optimal serta terjadinya perubahan data-data di desa perlu mendapatkan perhatian yang serius semua pihak. Penulis melakukan penelitian dengan  membangun aplikasi yang bertema “ E-government Pemberdayaan Desa Sangunratu dan Potensi Desa Berbasis Web”. Yang meliputi tahapan perencanaan, analisis, desain, dan implementasi sistem. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka, sistem informasi yang penulis bangun berbasis web dengan pemrograman PHP.

 


Keywords


E-Government,Sistem Informasi,Pemberdayaan Desa,Potensi.

Full Text:

PDF

References


Ali Rokhman, 2008. Customer Service Pemerintah Melalui E-Government : The 2nd National Conference UKWMS Surabaya, 6 September 2008

Almasdi Syahza, (2000), Potensi Pengembangan Desa , Lembaga Penelitian Departemen Profinsi Riau, Pekanbaru.

Djoko Agung Harijadi (2005). Blueprint Aplikasi E-Government Pemerintah Daerah, Departemen Komunikasi dan Informasi, Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi, Bandung.

Dahlan, M. Alwi, dkk., Jurnal Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia vol. 5 dan 6, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1993

Empirical tests. Information System Research, 8(2), 171-195.

Mardi Yatmo, Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Ekonomi : Tinjauan Teoritik dan Implementasi Seminar Sehari Pemberdayaan Masyarakat yang diselenggarakan Bappenas, tanggal 6 Maret 2000 di Jakarta-red.

Sumber Desa , Potensi Potensi Desa , 1969

Sutarman, S.Kom.(2003), Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL,Graha Ilmu : Yogyakarta

Sutanta,E. 2004. Sistem Basis Data : Graha Ilmu :Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.