METODE SWOT STRATEGI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI E-COMMERCE, STUDI KASUS: PT. TIGA BERLIAN

Dian Saputra

Abstract


Saat ini dunia perdagangan tidak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai dengan permintaan konsumen. Transaksi melalui Internet ini lebih dikenal dengan nama e-Commerce yang menghubungkan antara produsen dengan produsen, produsen dengan konsumen, konsumen dengan produsen, konsumen dengan konsumen. Pengguna internet yang terus bertambah di Indonesia, membuat e-Commerce semakin dibutuhkan oleh perusahaan untuk terus mengembangkan kegiatan bisnisnya. Untuk meng-implementasi e-Commerce dalam mendukung bisnis organisasi perlu di perhatikan 5 komponen utama yaitu ; pengembangan produk, promosi, transaksi online, product delivery dan after sales support. Ke 5 komponen tersebut akan saling mendukung satu dengan lainnya untuk memperoleh revenue dan profit yang lebih baik. Dengan memiliki situs e-Commerce model komunitas, owner PT. Tiga Berlian merasakan belum maximal dan efektif penyediaan fasilitas ada saat ini pada situs www.tigaberlian.com. Dengan demikian dapat diidentifikasi masalah yang ada di situs www.tigaberlian.com, antara lain : bagaimana meningkatkan efektivitas dari pemanfaatan web/internet (sekarang) menuju e-Commerce yang utuh dan bagaimana menciptakan keterpaduan dengan mitra yang ada melalui e-Commerce.

Keywords


e-commerce, strategi e-commerce, e-commerce strategy, penerapan teknologi ecommerce, SWOT e-commerce

Full Text:

PDF

References


Andi, “Apa dan bagaimana e- Commerce, Andi Yogyakarta dengan Wahana Komputer Semarang”, 2002.

Turban Efrain, Lee Jae, King David, Viehland Dennis,”Electronic Commerce A Managerial Perspective 2004”, Prentice Hall 2004.

Jeffrey F. Rayport and Bernard j. Jaworski, “Introduction to ECommerce”, McGraw-Hill, 2003

Eko Indrajit, “eCommerce, Elex Media Komputindo”, 2001.

Pearce, Robinson, “Manajemen Strategik Formulasi, Implementasi dan Pengendalian, Jilid 1”, Binarupa Aksara, 1997.

Tedjo Tripommo, S.T., M.T. dan Udan, S.T., M.T., “Manajemen Strategi, Rekayasa Sains, Maret 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.