E-GOVERNMENT PEMBERDAYAAN PEMERINTAH DAN POTENSI PEKON BANJAREJO BERBASIS WEB

Adi Setiawan

Abstract


Pembangunan e-government telah menjadi komitmen Pemerintah sebagaimana ditetapkan pada Inpres Nomor: 3/2003. Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi informasi begitu cepat, dan semakin meningkatnya kualitas manusia mengakibatkan adanya upaya dari pemerintah untuk lebih meningkatkan pelayanan publiknya melalui e-government. Electronic Government (E-Government) merupakan bentuk upaya pemerintah dalam mengaplikasikan pelayanan kepemerintahan melalui sistem informasi berbasis komputer. Tujuan penelitian ini adalah sebagai langkah dalam mengimplementasikan komitmen pemerintah dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada untuk membangun sebuah sistem informasi e-government berbasi website pada pekon Banjarejo. Dengan adanya sistem informasi berbasis website di pekon Banjarejo, akan sangat membantu masyarakat dan pemerintah dalam memanajemen dan mengelola data serta digunakan sebagai media untuk memberikan gambaran tentang potensi yang ada pada pekon Banjarejo. Dengan adanya sistem ini pula, maka dalam waktu yang cepat data bisa dicari sehingga dapat meminimalkan waktu, biaya, serta kesalahan yang mungkin terjadi. Penulis melakukan penelitian dan pengembangan sistem berdasarkan pendekatan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang meliputi tahapan perencanaan, analisis, desain, dan implementasi sistem. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sistem informasi e-government ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL yang dikembangkan dalam bentuk website.


Keywords


E-Government, Sistem Informasi, Potensi Desa, Pekon Banjarejo

Full Text:

PDF

References


Djoko Agung Harijadi. (2005) Blueprint Aplikasi E-Government Pemerintah Daerah. Departemen Komunikasi dan Informatika, Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi, Bandung.

Hadwi Soendjojo. (2005) Implementasi E-Government Sejumlah Pemerintah Daerah. Jakarta : Departemen Komunikasi dan Informatika.

Hartono, Dwiarso Utomo dan Edi Mulyanto. (2010). Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan dan Potensi Desa Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi : Universitas Dian Nuswantoro.

Instruksi Presiden Nomor. 3 Tahun 2003, Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.

Kadir, Abdul. (2009). Membuat Aplikasi Web dengan PHP dan Database MySQL. Andi Offset : Yogyakarta.

Sriyati, Fiqih Satria, Sudewi . 2015. Pemanfaatan E-Government Sebagai Media Promosi Di Bidang Pariwisata Ekonomi Kreatif (Studi Kasus : Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Kabupaten Pesawaran). Vol 5 No 5, Hal 80-87. Jurnal TAM STMIK Pringsewu.

Kenneth C. Laudon dan Jane P Laudon (2008). Management Information System Managing The Digital Form. Salemba Empat : Jakarta.

Nia Karniawati, Romi Rahmadani. Analisis Kebijakan Penerapan E-Government Melalui Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Majalah Ilmiah Unikom.

Paryati. (2010). Aplikasi CMS E-Government di Bidang Pariwisata Menggunakan Sistem Operasi Mac OS. Yogyakarta : UPN “Veteran” Yogyakarta.

Zainal A. Hasibuan. (2008). Langkah-Langkah Strategis dan Takstis Pengembangan E-Government Untuk PEMDA. Fakultas Ilmu Komputer : Universitas Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.