KONSEP E-GOVERNMENT DALAM PENINGKATAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI PEKON BLITAREJO KABUPATEN PRINGSEWU

Bertha Suri

Abstract


Pemerintah daerah telah banyak melakukan berbagai upaya peningkatkan  pelayanan kepada masyarakat di Pekon Blitarejo selama otonomi daerah berlangsung. Salah satunya adalah mengaplikasikan berbagai teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan pelayanan pekon atau e-government. Sejak terbitnya Instruksi Presiden Republik Indonesia No.3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, berbagai Instansi Pemerintah termasuk pemerintah daerah mulai mengadopsi e-government tersebut dengan berbagai metode dan tahapan. Dari pengamatan selama ini, beberapa daerah menunjukkan kinerja pengembangan e-governmentnya cukup baik, namun beberapa daerah lain baru memahami penerapan e-government hanyalah sebatas membangun website. Bahkan website yang ada pun jauh dari kesan informatif. Tulisan ini mencoba mendiskripsikan pekon. Pertama, potret dari beberapa pemerintah daerah baik propinsi maupun kabupaten atau kota yang dianggap berhasil meningkatkan  pelayanan di pekon melalui pemanfaatan teknologi informasi atau e-government., faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengembangan e-government dalam mendukung Peningkatan Pelayanan Pekon di Era Otonomi Daerah dan upaya kedepannya. Belajar dari beberapa pemda yang telah berhasil meningkatkan  pelayanan pekon melalui pemanfaatan TI.


Keywords


e-government, pelayanan masyarakat, pemerintah daerah

Full Text:

PDF

References


Anwaruddin, Awang (2008). Best Practices Keberhasilan e-leadership. Diakses pada 29 April 2011 dari http://www.e-capacity,building.info/ecb5/index.php?option=com_content&task=view&id=46&Itemid=53.

Djunaedi, Achmad. (2006). Pengalaman Pengembangan Digital Government Services di Pemerintah Propinsi DIY, Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Indonesia, ITB, Mei 2006, Bandung.

Erizal, Roswiani, Ani (2009). Pemanfaatan Model Strategic Alignment untuk Penentuan Layanan Unggulan Digital Government Service Bidang Kesehatan Pada Pemerintah Daerah Propinsi DIY,Makalah Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Juni 2009, Yogyakarta. Diakses pada 5 Juni 2010 dari http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1215/1012

Kumorotomo, Wahyudi. (2008). Pengembangan E-government untuk Peningkatan Transparansi Pelayanan Masyarakat : Studi Kasus UPIK di Pemkot Jogyakarta dan E-procurement di Pemkot Surabaya. Makalah KAN Juni 2008 , UGM, Jogjakarta. Diakses pada 4 Agustus 2009,darihttp://kumoro.staff.ugm.ac.id/wpcontent/uploads/2008/06/pengembangan-e-government dalam-peningkatan-transparansi-pelayanan-Masyarakat.pdf

Sulianto, Budi. (2007). Penerapan Egovernment di Kabupaten Sragen. Diakses pada 10 Mei 2011,darihttp://fit.uii.ac.id/media/egovernmentkabupatensragen.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.