PENERAPAN E-GOVERMENT DALAM RANGKA MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI DESA BANDUNG BARU KECAMATAN ADILUWIH

Miftahul Huda

Abstract


Sistem pemerintahan dan pelayanan publik yang bersih, transparan, merupakan tantangan yang harus dijawab oleh lembaga pemerintahan dalam menjalankan fungsinya. Di lain pihak, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat,tepat dan akurat. Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengembangkan konsep e-Government yang baik (good governance), Dengan sarana infrastruktur yang telah tersedia dan permasalahan administrasi dan potensi desa yang perlu mendapatkan perhatian serius, mendorong penulis untuk memamfaatkan infrastruktur yang ada dengan mengisi konten / membangun aplikasi yang bersifat e-Government. Seringnya permintaan data tentang perangkat desa dan potensi desa oleh para pimpinan instansi pemerintahan yang lebih tinngi, yang dilakukan secara manual tidak menutup kemungkinan data-data yang disampaikan kurang akurat ataupun kurang cepat, lagi pula adanya potensi-potensi desa yang belum optimal serta terjadinya perubahan data-data di desa perlu mendapatkan perhatian yang serius semua pihak. Penulis melakukan penelitian dengan membangun aplikasi web yang bertema “Penerapan E-Government Dalam Rangka Mewujudkan Good Governance Di Desa Bandung Baru Kecamatan. Adiluwih”.


Keywords


E-Government ,Good governance,Desa.

Full Text:

PDF

References


Azwar Syarif (2009) dengan jurnal Perancangan system informasi berbasis web dengan menggunakan PHP & MYSQL.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2001 tentang Telematika (Telekomunikasi, Media & Informatika), 2001, Jakarta.

Islamiyatun. (2014). Jurnal (E-Government Pada Pekon Kresnomulyo). STMIK Pringsewu

Jumadi Simangunsong,Pengembangan E-Government Di Indonesia, Jurusan Magister Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Jakarta 2010

Nirmala Husada Bhramita Vidya. (2014). Jurnal (E-Government Pada Desa PIRNGADI).STMIK Pringsewu

Pengertian Desa Menutur beberapa para ahli (di akses pada 28 Oktober 2012) http://texbuk.blogspot.com/2012/02/pengertian desa-menurut-beberapa para.html #ixzz2AsqpZ48C


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.