PEMBUATAN MODEL PENILAIAN INDEKS KINERJA DOSEN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING (FMADM)

Febri Triananingsih

Abstract


Dosen adalah salah satu komponen esensial dalam suatu sistem pendidikan perguruan tinggi. Peran, tugas, dan tanggung jawab sangat penting dalam mewujudkan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yang meliputi kualitas iman/takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta mewujudkan masyarakat indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab. Metode fuzzy multi attribute decision making (FMADM) dengan pengembangan merupakan salah satu metode dalam pengambilan keputusan dimana alternative-alternatif sudah diketahui dan ditentukan sebelumnya. Pengambilan keputusan harus menetukan prioritas, bobot, atau rangking berdasarkan kriteria yang diberikan. untuk mempermudah dalam penilain terhadap kinerja dosen berdasarkan tridharma perguruan tinggi yang meliputi kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan social dilakukan penilaian indeks kinerja dosen dengan menggunakan metode FMADM (fuzzy multi attribute decision making). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model pengambilan keputusan penilaian indeks kinerja dosen menggunakan metode FMADM (Fuzzy Multi Attribute Decision Making) dengan pengembangan untuk pembuatan model penilaian indeks kinerja dosen. Kriteria-kriteria yang telah ditentukan antara lain: pembelajaran dikelas, ketetatap gbpp dan sap, kesesuain waktu, ketetapan penyerapan materi, media pembelajaran, arsip uas, penelitian, penjabaran, kegiatan dosen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa alternatif A3(Dosen 3) merupakan dosen berkinerja terbaik. Diharapkan dengan adanya  penilaian kinerja dosen  dari aspek kompetensi dapat memicu dosen untuk meningkatkan kinerjanya karena seperti kita ketahui bahwa dosen adalah salah komponen yang menentukan dalam system pendidikan di perguruan tinggi. 


Keywords


FMADM, Dosen, Kinerja Dosen

Full Text:

PDF

References


Ida Widianingrum, (2013). Jurnal IT : Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan Metode Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FMADM) Dengan Pengembangan (Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Ponorogo), Unversitas Muhammadiyah Diponegoro.

Khoirunnisa Rahma Prasetyowati, (2013). Jurnal IT : Sistem Pendukung Keputusan penilaian kinerja guru (PKG) menggunakan metode simple additive weighting (SAW) (studi kasus) SMA Negeri 9 Semarang, Universitas Dian Nuswantoro.

Riyan Suhandi, Jurnal Sistem Pendukung Keputusan : system pendukung keputusan untuk menentukan kelayakan calon kepala desa pada desa blitarejo menggunakan metode simple additive weighting (SAW). STMIK Pringsewu Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.