SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERBASIS MODEL TEORI FUZZY UNTUK MEMETAKAN WILAYAH RAWAN GIZI BURUK

Iqbal Dinulhaq

Abstract


Sebagian besar wilayah di Indonesia banyak terjangkit gizi buruk, sangat disayangkan kurang perhatiannya pemerintah untuk mengetahui wilayah rawan gizi buruk. Gizi buruk terjadi akibat kurangnya asupan sumber makanan yang bergizi, kurangnya kebersihan lingkungan dan kurangnya sumber mata air, serta kurangnya pelayanan kesehatan pada wilayah tertentu. Sistem pendukung keputusan merupakan sebuah system berbasis komputer yang membantu dalam proses pengambilan keputusan, SPK juga sebagai system informasi bebasis computer yang adaptif, interaktif dan fleksibel, yang secara khusus dikembangkan untuk mendukung solusi dari permasalahan manajemen yang tidak terstuktur untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan salah satu metode Fuzzy  Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif dan mencari nilai terbaik dari alternatif tersebut. Alternatif yang dimaksud adalah wilayah pada kabupaten Pringsewu. Penelitian ini juga mencari nilai bobot untuk setiap atribut yang ditentukan yang kemudian dilakukan proses untuk menentukan wilayah rawan gizi buruk pada kabupaten Pringsewu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alternatif yang memiliki nilai kriteria <=0,50 maka merupakan wilayah tidak rawan gizi buruk, dan alternatif yang memiliki nilai 1 merupakan wilayah rawan gizi buruk.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Wilayah Gizi Buruk, Fuzzy, SAW, Kriteria.

Full Text:

PDF

References


Kusumadewi, Sri., Hartati., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY FMADM). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

M.Muslihudin M.T.I, Riyan Suhandi (2015), Jurnal Sistem Informasi : Sistem Pendukung Kputusan Penilaian Air Minum Yang Sehat Bagi Tubuh Menggunakan Fuzzy Multiple Atribut Decission Making (FMADM) Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW).

Rofiqoh Dewi, (2015), Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Fuzzy Saw (Studi Kasus Universitas Potensi Utama). Universitas Potensi Utama.

Rosario, A. L., (2013), Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Gizi Buruk Pada Balita Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani.

Riana Kurnia Dewi, I Nyoman Budiantara (2012), Jurnal Sains Dan Seni ITS : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Angka Gizi Buruk Di Jawa Timur dengan Pendekatan Regresi Nonparametrik Spline.

Wiko Saputra, Rahmah Hida Nurrizka(2013) Jurnal : Pengaruh Faktor demografi Terhadap Resiko gizi buruk Pada tiga komunitas di Sumatera barat.

Yarti, A.H., (2015), Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Tempat Kost Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Studi Kasus : Kota Bengkulu, STMIK Pringsewu.

Yokelin T.(2013), Jurnal: SPK Analisa tingkat kerentanan Gizi Buruk Menggunakan metode AHP di distrik Sentani Kabupaten jayapura.

Website :

http://www.idmedis.com/2014/11/definisi-gizi-buruk-pada-anal-gejala.html?m=1

http://www.pelita-informatika.com

https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Peta_Kabupaten_Pringsewu.jpg

http://www.pringsewukab.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.