PERANCANGAN IMPLEMENTASI FUZZY EXPERT SYSTEM UNTUK MENGANALISA PENYAKIT MENULAR PADA MANUSIA WILAYAH KABUPATEN PRINGSEWU

July Irawan

Abstract


Permasalahan yang dihadapi selama ini di dunia kedokteran adalah pengambil keputusan untuk menentukan penyakit masih menggunakan cara manual yang dilakukan oleh dokter,padahal dokter sebagai manusia memiliki kelemahan alamiah yaitu lelah dan terbatas fisiknya akibatnya bisa salah diagnose, lambat, terkadang tidak pasti, begitu juga untuk penyakit menular pada manusia. Untuk memecahkan masalah tersebut maka penulis melakukan penelitian untuk pengambil keputusan penentuan penyakit menular pada manusia menggunakan metode forward chaining dalam menentukan prediksi awal suatu penyakit setelah pasien memasukkan gejala yang dideritanya. Kemudian dari prediksi penyakit awal, software menggunakan metode backward chaining dalam menanyakan gejala-gejala lain yang pasien belum masukkan. Software ini dibuat dengan menggunakan metode Fuzzy Set dalam mengolah data pada knowledge-based sistem. Metode Fuzzy mengenal kebenaran secara parsial,hal ini sangat berguna agar sistem yang dibuat memiliki kecerdasan menyerupai manusia.


Keywords


Penyakit menular, Gejala, Fuzzy Expert system

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Leon, Andretti, 2003, Sistem Basis

Data Lanjut 1: Membangun Sistem Basis Data, Universitas Bina Darma, Palembang.

Intan, R., Mukaidono, M., Fuzzy Relational

Database Induced by Conditional Probability Relations, The Transaction of Institute of Electronics Information and Communication Engineers, Vol. E86D No. 8, pp. 1396-1405, 2003.

Intan, R., Mukaidono, M., On Knowledge-

Based Fuzzy Sets, International Journal of Fuzzy Systems, Vol. 4(2), 2002.

Whitten, J.L., L.D., Bentley dan K.C., Dittman,

, Metode Desain & Analisis Sistem, Alih Bahasa Tim Penerjemah Andi, Penerbit Andi, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My StatsĀ 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.