SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN BEASISWA SISWA DI SMK NEGERI 1 SELAGAI LINGGA MENGUNAKAN METODE FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING (FMADM)

Sayu Made D. L

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat menambah potensi yang dimiliki oleh dirinya. Fungsi pendidikan sangat penting sebagai salah satu faktor pendorong pembangunan sumber daya manusia dengan tujuan meningkatkan kemampuan pada masyarakatnya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Tidak banyak yang dapat dilakukan oleh para siswa yang memiliki pontensi namun tergolong kedalam status ekonomi yang rendah. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Selagai Lingga berdiri pada tahun 2009. Pada sekolah ini memiliki sebuah Visi dan Misi dapat menghasilkan siswa unggulan dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), dan mampu bersaing di era moderen dengan persaingan yang ketat Dengan Sistem Pendukung Keputusan Penetuan Penerimaan Beasiswa dengan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan Perhitungan  metode Simple Additive Weighting (SAW) menemukan hasil jumlah tertinggi dari setiap Atribute dari Masing-masing  Kriteria yang telah ditentukan menyatakan bahwa alternatif  A2 dengan Jumlah Nilai setiap kriteria 28.125. Ini dinyatakan bahwa Sistem Pendukung Keputusan Dapat Digunakan dalam Penetuan Penerimaan Beasiswa Bantuan Siswa Miskin (BSM) disekolah lainya.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Beasiswa, FMADM.

Full Text:

PDF

References


Ade Krismelan. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Sleksi Penerimaan Siswa Baru Pada SMA Thresiana Weleri Kendal Menggunakan Metode SAW. Universitas Dian Nusantara-Semarang.

Prima Canggih Kawuryan. (2014). Sistem Pendukung Keoutusan Untuk Seleksi Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Proses (AHP) Study Kasus SMA Negeri 1 Purwodadi Grobogan. Universitas Dian Nusantara-Semarang.

Rika Idmayanti1. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Beasiswa BBM ( Bantuan Belajar Mahasiswa) Pada Politeknik Negeri Padang Menggunakan FMADM. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. ISSN:2086-4981.

Sukirman. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode TOPSIS Untuk Pemilihan Siswa Dalam Mengikuti Olimpiade Sains Disman Palopo. Jurnal Ilmiah d’ComPutarE Volume 4 Januari. Universitas Cokrominoto Palopo.

Winnie Septiani1, Ivanna2. (2013). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pustaka Bangsa. Jurnal Teknik Industri,ISSN:1411-6340. Universitas Trisakti.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.