SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BEASISWA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Study Kasus SD Negeri 3 Patoman )

Ary Purwaningsih

Abstract


Dalam menentukan penerimaan beasiswa, banyak sekali kriteria­kriteria yang harus dimiliki oleh individu sebagai syarat dalam mendapatkan beasiswa. Masing­masing sekolah pasti memiliki kriteria­kriteria  untuk menentukan  siapa yang akan terpilih  untuk menerima  beasiswa.  Pembagian beasiswa dilakukan oleh beberapa lembaga untuk membantu seseorang yang kurang mampu ataupun berprestasi  selama menempuh studinya. SD Negeri 3 Patoman terletak di Pekon Padangejo Kecamatan Pagelaran. Sebagian siswanya tergolong orang yang tidak mampu dan ada juga siswa yang berprestasi. Pihak sekolah juga memberikan beasiswa kepada sebagian siswa. Kriteia yang ditentukan  untuk mendapatkan beasiswa antara lain, siswa ang berprestasi, siswa kurang mampu. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Sehubungan dengan hal diatas, maka dirancangalah sebuah sistem pendukung keputusan untuk memilih siswa yang layak mendapatkan beasiswa sesuai dengan keingannya dan kriteria yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah dengan metode simple additive weighting (SAW), metode ini dipilih karena mampu memilih alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah menentukan beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Perhitungan SAW untuk menentukan bobot prioritas pilihan sangat bergantung pada pemberian niali pada nilai kriteria dan sub kriteria, kemudian tahap penilaian kriteria dan sub kriteria akan menghasilkan prioritas untuk menentukan beasiswa yang diinginkan.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan,beasiswa,SAW

Full Text:

PDF

References


Alter dan Davis GB, 1991, Definisi Sistem SPK, Bina Ilmu, Surabaya

Dr. Ir. Harijono Djojodiharjo, 1984, Definisi Sistem, Penerbit Andi, Yogyakarta

Enlyati,sri. 2011. Perancagan sistem pendukug keputusan untuk penerima beasiswa dengan meted SAW. Universitas Stikubank

Fishburn, 1967 : Konsep Dasar Metode SAW, Penerbit Bintang, Surabaya

Gory dan Marton Scott, 1971, Sistem Pendukung Keputusan, Surabaya

James A.F Stoner dan Prajudi Atmosudirjo, 1967 : Definisi Tujuan Keputusan

Jogianto, 2009, pengertian sistem, Penerbit Andi, yogyakarta

Kusmadewi, 2006, Pengertian Simple Additive Weighting (SAW), Penerbit Andi, Yogyakarta

Nugroho, 2008, Definisi sistem, Penerbit Informatika, Bandung

Sulistio,heri. 2011. Perancagan sistem pendukug keputusan untuk penerima beasiswa dengan meted SAW. Universitas Komputer Indonesia : Bandung

Turban, 2005 : Pengertian sistem Pendukung keputusan, Penerbit Andi, Yogyakarta

Windiasih,Suci. 2011. Perancagan sistem pendukug keputusan untuk penerima beasiswa dengan meted SAW. STMIK Pringsewu: Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.