SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEREKRUTAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA KOPERASI GENTIARAS

Destiana Eriskawati

Abstract


Dalam merekrut pegawai, tentu banyak sekali kriteria-kriteria yang harus dimiliki oleh setiap individu dari calon pegawai sebagai syarat untuk memenuhi dari perusahaan yang bersangkutan. Masing-masing perusahaan pasti memiliki kriteria-kriteria yang berbeda dalam menentukan pegawai di perusahaannya. Perekturan pegawai sudah pasti dilakukan dalam setiap perusahaan untuk menunjang tercapainya target yang dijalankan perusahaan tersebut. Manajemen perusahaan perlu mengambil langkah-langkah agar menciptakan sebuah kebijakan dalam mengambil sebuah keputusan. Dalam penelitian iniakan dibuat sebuah sistem pendukung keputusan untuk memudahkan pihak perusahaan dalam proses perekrutan pegawai menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan mencari alternatif terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan, penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk  setiap atribut, kemudian dilakukan proses perangkingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu pegawai terbaik dari setiap kriteria, pada penelitian ini berdasarkan hasil dari nilai V1 dapat disimpulkan bahwa yang diterima menjadi pegawai di Koperasi Gentiaras adalah A3, A6, A9, dan A10 dengan nilai berkisar antara 20-25,dan nilai tertinggi berada pada alternative (A10) dengan nilai 23.


Keywords


Perekrutan pegawai, SAW, nilai bobot

Full Text:

PDF

References


Diana Effendi1, Agung Mulyanto2, (2014), Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Warga (SITAWAR) Tingkat Rukun Tetangga, Jurnal Sistem Informasi.

Efraim Turban, Jay E. Aronson, Ting-Peng Liang, (2012), Decision Support Systems, Jilid 1, Andi Yogyakarta.

Isnaini Nur Hanifah, (2013), Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Dengan Simple Addive Weighting, Jurnal Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang-Indonesia.

Malayu Sibuan, (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara.

Nandang Hermanto, (2012), Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Jurusan Pada SMK Bakti Puwokerto, Seminar Nasional Teknologi dan Komunikasi Terapan, ISSN:979-0225-0

Nur Hakim1, Tonni Limbong2, (2015), Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Tarif Uang Sekolah Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Studi Kasus (YP Wira Jaya TJ.MORAWA), Jurnal Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), ISSN:2339-210X.

Satriawaty Mallu, (2015), Sistem pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap Menggunakan Metode Topsis, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, ISSN:2407-3911.

Sedarmayanti, (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia,Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negri Sipil, Bandung: Refika Aditama.

Sri Eniyati, (2011), Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Beasiswa Dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting), Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, ISSN:0854-9524.

Tata Sutabri, (2012), Sistem Informasi manajemen, Andi Yogyakarta.

Teuku Mufizar1, Rima Listiani Lestari2, (2014), Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kelayakan Kredit Pinjaman Komersial Di SB Simpan Pinjam Tasikmalaya, STMIK Tasikmalaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.