SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN SMA NEGERI 1 PRINGSEWU MENGGUNAKAN METODE SAW (Simple Additeve Weighting)

Fatmala Fitri Fatimah

Abstract


Dalam pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan kemajuan suatu bangsa, karena dengan adanya pendidikan dapat mengembangkan berbagai potensi yang ada dalam diri seseorang. Dimana dalam pendidikan Sekolah Menengah Atas merupakan suatu proses perkembangan siswa di masa depan. Pemilihan program jurusan di SMA NEGERI 1 Pringsewu  perlu di upayakan agar yang masuk jurusan sesuai dengan kemampuan siswa tersebut, namun yang kenyataannya masih banyak yang hanya di pengaruhi siswa lain atau keinginan dari diri siswa tersebut. Hal ini menyebabkan penilaian kerja yang subjektif. Penilaian yang di dasarkan informasi formal berdasar kriteria perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang objektif. Hal inilah yang menjadi dasar penelitian. Penelitian yang dilakukan adalah membuat sebuah sistem yang dapat memberikan pertimbangan dalam melakukan pengambilan keputusan pemilihan jurusan. Dengan menggunakan metode simple additive weighting (SAW) sebagai basis dalam pengolahan data untuk penjurusan. Dan memberikan prosedur dan membantu dalam pengambilan keputusan, karena pengambilan keputusan tetap dari pihak guru/sekolah.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, pemilihan jurusan , SAW

Full Text:

Untitled

References


Alit Suryo Irawan, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Di SMA Islam Sudirman Ambarawa Menggunkanan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Dian Novita Handayani, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Jurusan Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute Decision Making Dengan Metode Simple Additive Weighting Studi Kasus SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang.

Mhd Riki Prayoko, 2013. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas SMA Setia Budi Abadi Perbaungan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Moh Husni Nurmansyah, Sistem Pendukung Keputusan SMA Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Pratiwi. Sistem Pendukung Keputusan Penjurusan Siswa Dengan Metode Simple Additive weighting (SAW).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.