SISTEM APLIKASI PENJUALAN SEPEDA MOTOR PADA CV. AKUR MOTOR HONDA TALANG PADANG BERBASIS MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

Aditya Albanur

Abstract


Sistem Aplikasi Penjualan Sepeda Motor Honda adalah sistem aplikasi yang dibangun untuk mempermudah dan mengefesiensi pekerjaan dalam rangka memberi pelayanan terhadap para pembeli/customer kendaraan sepeda motor Honda Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan usulan dan masukan kepada pengelola atau manajemen CV. Akur Motor Honda Talang Padang agar dalam proses transaksi penjualan dapat dilakukan secara komputerisasi, sehingga akan mempermudah pada bagian pemasaran dan penjualan dalam melakukan pendataan transaksi penjualan kendaraan sepeda motor tersebut. Begitu pula bagi pihak manajemen CV. Akur  Motor Honda Talang Padang dengan sangat mudah dan cepat untuk memperoleh informasi tentang proses dan laporan penjualan kendaraan tersebut. Selama ini kegiatan sehari-hari sering mengalami kendala yang cukup berarti, hal ini disebabkan oleh penggunaan sistem yang masih tradisional atau dengan cara-cara manual. Sehingga mengakibatkan proses transaksi penjualan dan pelayanan kepada pembeli/costumer menjadi tidak efektif dan efesien, baik dalam hal waktu dan juga tenaga. Adapun aliran informasi yang digunakan dalam pengembangan sistem aplikasi ini adalah Diagram Konteks, Diagram Aliran Data (Data Flow Diagrams/DFD) Level 0, Diagram Hubungan Antar Entitas (ERD)  dan dalam pembuatan sistem aplikasi ini menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0. Serta perangkat lunak database yang di gunakan adalah Microsoft Office Access 2007.


Keywords


Sistem Aplikasi, Penjualan, Sepeda Motor, Microsoft Visual Basic 6.0, Microsoft Office Access 2007

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2010). ”Pembuatan Perangkat Lunak Aplikasi Pemesanan dan Penjualan Sepeda Motor (Studi Kasus : Penjualan Sepeda Motor Honda pada CV. Kharisma Motor)”. Samarinda : Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA Universitas Mulawarman.

Aulia, Ratih. (2011). ”Pembuatan Sistem Penjualan Pulsa pada Toko Miyo Cell Menggunakan Netbeans 6.0.1 dan MySQL”. Depok : Jurusan Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma.

Rahmah, Siti. (2013). ”Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Penjualan Buku pada Toko Buku Tamita Utama Menggunakan Microsoft Visual Basic.Net”. Banda Aceh : Program Studi S1 Teknik Informatika, STMIK U’budiyah Indonesia.

Sofyan, Ali. dan Tristianto, Didik. (2010). ”Sistem Penjualan dan Pengiriman Barang Studi Kasus pada Toko Ali”. Surabaya : Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama.

Suprayogo, E. D. Pawestri, F. G. dan Kurniasari, A. D. (2013). ”Aplikasi Sistem Penjualan Material pada UD. Ning Pur Menggunakan Visual Basic”. Yogyakarta : STMIK Amikom.

Yana, Evi. (2014). ”Sistem Aplikasi Pembayaran SPP Berbasis VB pada SMA Negeri 1 Pesisir Selatan Lampung Barat”. Lampung : STMIK Pringsewu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.