APLIKASI PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU ONLINE MENGGUNAKAN ARSITEKTUR MVC(MODEL,VIEW,CONTROLLER) PADA SMA NEGERI I AMBARAWA

Ahmad Tohir

Abstract


Permasalahan saat ini proses penerimaan siswa baru yang dilakukan rutin setiap tahun di SMAN 1 Ambarawa yaitu mengisi formulir pendaftaran pada kertas formulir yang sudah disediakan oleh panitia penyelenggara penerimaan siswa baru. Namun, jika dilakukan di area sekolah pada saat pengisian formulir sering terjadi antrian karena petugas yang melayani pendaftaran hanya beberapa orang saja. Selain itu, pengumuman hasil seleksi dilakukan melalui media informasi seperti koran. Dan juga pada saat registrasi ulang siswa harus datang kesekolahan. Bertitik tolak dari hal tersebut, sesuai dengan tersedianya fasilitas internet atau jaringan computer di SMAN 1 Ambarawa maka pembuatan aplikasi penerimaan siswa baru online diharapkan dapat memudahkan siswa dalam proses penerimaan, pengumuman, dan serta registrasi ulang penerimaan siswa baru dapat diketahui dan dilakukan oleh calon siswa secara cepat yaitu cukup dengan mengunjungi alamat www.smansamba.sch.id. Oleh karena itu, penulis mengambil pokok permasalahan ini dengan judul “aplikasi dan perancangan sistem penerimaan siswa baru online menggunakan arsitektur mvc(model, view,controller). ”Sistem informasi penerimaan siswa baru online ini terdiri dari beberapa bagian pendukung, diantaranya bagian informasi, bagian pendaftaran, bagian ujian, bagian registrasi ulang, bagian pengumuman hasil seleksi, bagian pengelola soal ujian dan informasi serta bagian penerimaan siswa baru sabagai admin system dan bagian tata usaha yang hanya bertugas mengambil data calon siswa baru.         


Keywords


aplikasi dan perancangan sistem menggunakan arsitektur MVC(model, view, controller)

Full Text:

PDF

References


a.Fatta, Hanif. (2007). Analisis dan Perancangan sistem informasi.Andi Offset

b.Septian,Gungun.(2011).Framework Codeigniter.PT Elek Media Komputindo:Jakarta

c.Iqbal Maulana T. (2011). “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Menggunakan Arsitektur MVC dengan Framework Codeigniter Jurusan Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer.” Jurnal Penelitian diterbitkan, Amikom Yogyakarta.

d.Ema Utami. (2006). RDBMS Using MS SQL Server 2000. NRAR.NET Publisher. Yogyakarta.

e.Arief, M Rudiyanto. (2006). Pemrograman Basis Data Menggunakan Transact-SQL dengan Microsoft SQL Server 2000. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats 

Creative Commons License
This work by KMSI Stmik Pringsewu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.