IMPLEMENTASI SIKADES ( SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN DESA ) PADA PEKON TULUNGAGUNG UNTUK KEMUDAHAN LAYANAN ADMINISTRASI DESA BERBASIS WEB MOBILE

Amila Lutvia(1),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


 

Administrasi wilayah dan administrasi kependudukan merupakan bagian dari kebijakan pembangunan nasional. Potensi yang ada dalam suatu wilayah memiliki nilai dan makna strategis bagi kelanjutan pembangunan nasional. Setiap wilayah selalu memiliki potensi social ekonomi dan sumber daya manusia mengingat bahwa pertumbuhan dan mobilitas jumlah penduduk akan sangat mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam menentukan arah pembangunan nasional. Saat ini, administrasi penduduk di Indonesia masih mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan dan Peraturan Daerah, dan Nomor 7 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.. Pengembangan sisten dilakukan dengan konsep waterfall yang meliputi tahapan- tahapan analisis, desain, pengkodean, implementasi, dan pemeliharaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan kepustakaan.

Keywords


Sistem Informasi, Desa,Layanan Administrasi

References


A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

J. Hartono, Sistem Teknologi Informasi: Pendekatan Terintegrasi: Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan, dan Pengelolaan, 2 ed. Yogyakarta, 2009.

G. B. Davis, Management Information Systems Conceptual Foundations, Structure, and Development. USA: McGraw-Hill Inc.,US, 1985.

R. Mcleod dan G. P. Schell, Sistem Informasi Manajemen. 2001.

T. C. T. Abdul Kadir, Sisem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi. 2008.

W. F. Garaika, “Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta,” J. Aktual STIE Trisna Negara, vol. 16, no. 1, hal. 21–27, 2018.

Arafik, “Pengaruh Kompensasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Honorer Pada UPTD Puskesmas Betung,” J. Aktual STIE Trisna Negara, vol. 15, no. 2, hal. 68–74, 2017.

I. R. Kasmi, “Analisa Dampak Sistem Informasi Pariwisata Kabupaten Pringsewu Dengan Peningkatan Penjualan Produk UMKM,” J. Aktual STIE Trisna Negara, vol. 16, no. 2, hal. 2011–2016, 2018.

A. N. C. Kasmi, “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk,” J. Aktual STIE Trisna Negara, vol. 15, no. 2, hal. 109–116, 2017.


Full Text: Pdf

Article Metrics

Abstract View : 14 times
Pdf Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->