ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT PADA PEKON TUNGGUL PAWENANG KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU LAMPUNG

Fitrahayu Sumarlin(1), Dedi Irawan(2),


(1) Jurusan Manajemen Informatika STMIK Pringsewu Lampung
(2) Jurusan Manajemen Informatika STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Era globalisasi sekarang ini sangat diperlukan adanya teknologi informasi untuk mengimbangi adanya perkembangan informasi. Salah satunya dengan menerapkan sistem  E-Government yang dapat dijadikan tempat berkomunikasi antara pemerintah dengan masyarakat maupun dengan pihak-pihak lainnya, misalnya dengan investor. Pergeseran paradigma ini dapat dimaknai bahwa masyarakat harus dilibatkan dalam penyelenggaraan pelayanan publik sejak tahap perencanaan untuk mengetahui tentang jenis pelayanan yang dibutuhkan, metode pelayanan yang tetbaik, mekanisme pemantauan maupun evaluasi dalam pelayanan, sehingga tanggung jawab dalam peningkatan kualitas pelayanan publik bukan hanya dipihak penyedia layanan, tetapi masyarakat ikut bertanggungjawab. Dengan menggunakan metode pengumpulan data kita dapat mengetahui mengenai penerapan e-government di Indonesia yang dinilai baik dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak yang dirasakan oleh pihak-pihak terkait di dalam peranan e-government dan struktur informasi yang dimiliki oleh Pemerintahan di Indonesia. E-Government merupakan pengguna TI dan komunikasi untuk mewujudkan praktik pemerintahan yang lebih efisien dan efektif, pelayanan yang lebih terjangkau dan memperluas akses publik untuk memperoleh informasi sehingga transparasi, kontrol, akuntabilitas, dan  penyelenggaraan pemerintah meningkat.

 


Keywords


e-government, masyarakat, TIK, analisis penerapan E-Government

References


Ahmadi dan Hermawan. 2013. E - Business & E - Commerce. Yogyakarta: Andi.

Rianto, Budi., Tri Lestari. 2012. Polri & Aplikasi E - Government dalam Pelayanan Publik. Surabaya : CV. Putra Media Nusantara (PMN).

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Intruksi Presiden (Inpres) No.3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-government

W. F. Garaika, “Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta,” J. Aktual STIE Trisna Negara, vol. 16, no. 1, hal. 21–27, 2018.

H. Margahana dan S. S. Sari, “Analisis Promosi Jabatan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. FIF Belitang OKU Timur,” J. Aktual STIE Trisna Negara, vol. 16, no. 1, hal. 1–6, 2018.

E. T. Helisia Margahana, “Membangun Tradisi Entrepreneurship Pada Masyarakat,” Edunomika, vol. 03, no. 02, hal. 300–309, 2019.

Lkpp 2010 Wajar Dengan Pengecualian

Id.wikipedia.org?wiki/kabupaten_pringsewu)(2014)

http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/procidingkmsi/article/view/364


Full Text: Pdf

Article Metrics

Abstract View : 24 times
Pdf Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->