E-TICKET PADA WISATA TALANG INDAH PRINGSEWU BERBASIS WEB MOBILE

Edo Refky Renaldo(1),


(1) Prodi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Provinsi Lampung memiliki banyak tempat destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi wisatawan asing maupun lokal. Dengan berkembangnya zaman Smartphone dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembelian karena sangat efisien dan memudahkan penggunanya. Hal yang di sering dikeluhkan oleh wisatawan karena terjadinya antrian pembelian tiket di loket masuk, dan wisatawan juga tidak bisa memilih paket yang diinginkan karena tidak ada pilihan. Pegawai loket masih manual saat membuat laporan pengunjung datang dan keungaan harian.Bahasa pemograman yang digunakan dalam sistem e-ticket ini adalah MySQL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data dan pemngembangan sistem dengan waterfall. E-ticket di talang indah Pringsewu membantu untuk mempermudah wisatawan untuk membeli tiket secara online dan milih paket pariwisata sehingga wisatawan tidak perlu harus mengantri untuk membeli tiket dan pegawai loket pun tidak harus susah untuk membuat laporan data pengunjung dan laporan keuangan harian karna setiap data tersimpan di database. Sistem informasi yang dibangun berisikan informasi wisata di Talang Indah Pringsewu, dapat memesan tiket wisata secara online pembayaran dapat dilakukan dengan transfer melalui Bank dan bisa memesan travel melalui aplikasi serta memesan paket yang sudah dicantumkan link di dalam aplikasi.


Keywords


E-ticket, MySQL, Pariwisata, Waterfall

References


J. H. Zainal, A. Pagaralam, and B. Lampung, “PANTAI MUTUN,” vol. 2, no. 2, pp. 61–71, 2016.

P. T. Wali, A. Utama, N. Aeni, N. Kumaladewi, and S. Efrylla, “Sistem Informasi Pemesanan Tiket Pesawat Berbasis Web pada Bana Tour,” vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2010.

K. Dan, L. Pengguna, and J. Kereta, “THE EFFECT OF E-TICKETING ON THE LEvEL OF,” pp. 39–53.

M. Muslihudin and A. Larasati, “Perancangan Sistem Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Di Stmik Pringsewu Menggunakan Php Dan Mysql,” J. TAM, vol. 3, pp. 32–39, 2014.

P. Toko, S. Jaya, E. Pacitan, I. N. Indah, and K. Kunci, “Pembuatan sistem informasi penjualan pada toko sehat jaya elektronik pacitan,” vol. 10, no. 2, 2013.

P. D. Astuti, “Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek,” Indones. J. Comput. Sci. - Speed 16 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Mei 2013 - ijcss.unsa.ac.id, vol. 10, no. 1, pp. 142–147, 2013.

S. M. siti and U. Stikubank, “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang,” vol. XI, no. 2, pp. 124–133, 2006.

A. Setiawan, P. Eosina, D. Primasari, and T. Ridwan, “Sistem informasi pengelolaan tanaman obat (sitano),” Informasi, Sist. Tanaman, Pengelolaan Sitano Obat, pp. 182–188, 2018.

D. Priyanti and S. Iriani, “Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan,” pp. 55–61.

A. Saryoko, P. Studi, and T. Informatika, “SISTEM INFORMASI TIKET BIOSKOP PADA BUARAN TEATER DI JAKARTA TIMUR BERBASIS WEB,” vol. 13, no. 1, pp. 98–102, 2017.

Diah Risqiwati , Khalimun Khakim, “Pemanfaatan Qrcode Untuk Sistem Manajemen Ticket Pada Taman Wisata Pendidikan,” Pemanfaat. QRCODE UNTUK Sist. Manaj. TICKET PADA TAMAN WISATA Pendidik. SENGKALING MALANG, pp. 978–979, 2015.

D. P. Rani Maha, “PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang),” J. Polit. Muda, vol. 3, no. 3, pp. 412–421, 2014.

Z. Wulandari, M. Ugiarto, and U. Hairah, “SISTEM INFORMASI OBAT-OBATAN HERBAL,” vol. 2, no. 1, pp. 227–234, 2017.

M. F. H. Mubarok, A. Retno, T. Hayati, and N. Santoso, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TIKET KAPAL EXPRESS BAHARI 1C GRESIK – BAWEAN BERBASIS WEB,” no. 2, pp. 25–29, 2015.


Full Text: Pdf

Article Metrics

Abstract View : 33 times
Pdf Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->