PENGEMBANGAN APLIKASI BUSINESS TO BUSINESS PADA KERAJINAN KAIN PERCA BANYUMAS PRINGSEWU

Kanti Lestari(1), Kasmi Kasmi(2), Derga Putra Megantara(3),


(1) Prodi Manajeman Informatika, STMIK Pringsewu
(2) Prodi Manajeman Informatika, STMIK Pringsewu
(3) Prodi Sisitem Informasi, STMIK Pringsewu
Corresponding Author

Abstract


Electronic commerce is business activities with the aim of taking advantage, such as sellers, purchases, services, information, and trade through intermediaries, namely through computer networks, especially the internet. The products of Micro, Small and Medium Enterprises in Pringsewu Regency are experiencing development but have various weaknesses including market orientation, quality of human resources, mastery of technology, market access, and capital. To improve performance and speed up and facilitate data processing and information processing for Micro, Small and Medium Enterprises, it is necessary to create an information system for the sale of Micro, Small and Medium Business Products based on the BtoB Application and Website which can simplify the transaction and promotion process as well as ordering stock items by utilizing Website facilities. The design model used by the author in building this application is to use the Rational Unified Process (RUP) design model. With this application, it can support the transaction process and promotion of Micro, Small and Medium Enterprises Products in Pringsewu Regency to be more effective and efficient.


Keywords


Application, B to B, Marketing, Patchwork Crafts

References


Denni Ardyanto, Heru Susilo, Riyadi. Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan E- Commerce Terhadap Keputuan Pembelian Online. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 22 No. 1 Mei 2015.

Fitri Wiyani, Nugroho Agung Prabowo. Peningkatan Daya Saing Bisnis “Batik Kahuripan” Melalui Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Computer FTI UNSA 2013, Vol 2 No. 1- Maret 2013 ISSN: 2302 – 1136 - Serunniid.unsa.ac.id.

Keputusan Menteri Keuangan No. 316/KMK 016/1994. Tanggal 27 Juni 1994

Kriteria UKM Menurut UU No. 9 Tahun 1995.

Rahmad Syah, Muhd. Iqbal, Marischa Elveny. Pembuatan Aplikasi E-Commerrce Dalam Menunjang Penjualan Produk Pada Cv. Rizech. Techsi Vol 4. Nomor 12014. Jurnal Penelitian Teknik Informatika

Ridwan Suhud Dan M. Yudhi Rezaldi. Pengembangan Sistem E-Commerce Paguyuban Usaha Kecil Dan Menengah Karya Mandiri Di Tegal / E-Commerce System Development Of Society Of Small And Medium Enterprises Karya Mandiri In Tegal. Widyariset, Volume 17, Nomor 1, April 2014 49-58.

Surat Keputusan 2 Mentri, Mentri Perindustrian dan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan nomor : 85/M/SK/3/1980.

UU UKM No. 20 Tahun 2008.

Wiliam Jonathan Dan Sri Lestari. Sistem Informasi Ukm Berbasis Website Pada Desa Sumber Jaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 01, No. 1 Februari 2015.

Muslihudin, Muhamad. (2013). Sistem informasi penjualan batik basurek berbasis web pada basurek collection Bengkulu. Jurnal TAM 2013. Vol.1 No.1 Hal 59-52. STMIK Pringsewu.

Ahmad Mustofa, Mutmainah Mutmainah. 2015. Perancangan E-Commerce Penjualan Komputer Dan Alat Elektronik Berbasis Web Pada Toko Damar Komputer Pringsewu. Jurnal TAM. Vol 62-67 Hal. 59-62. STMIK Pringsewu. Lampung.

Sidik, Betha 2012, Pemrograman Web dengan PHP : Edisi Revisi, Informatika, Bandung.

Nugroho, Bunafit 2005, Database Relational dengan MySQL, Andi, Yogyakarta.

Wahyuningtyas, Annisa Eka, 2011, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-commerce dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Perusahaan: Survei terhadap UMKM Sektor Kerajinan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Tesis, Program Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Aggestam, Lena dan Eva Söderström, 2004, managing Critical Success factors in A B2B Setting, IADIS International Journal on WWW/Internet Vol. 4, No. 1, pp. 96-110. ISSN: 1645 – 7641

Wiliam Jonathan Dan Sri Lestari. Sistem Informasi Ukm Berbasis Website Pada Desa Sumber Jaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 01, No. 1 Februari 2015.

UU UKM No. 7 Tahun 2014.

Erpiyana, M., Margahana, H., & Junaidi, M. (2018). Analisis Implementasi Aplikasi Electronic Commerce Pada Meli Cake Berbasis Web Mobile Dengan Konsep Business to Consumer. Jurnal Signaling, 7(2), 52–59.

Fergiawan Listianto, Fauzi, Rita Irviani, K. (2017). Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Industri Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal TAM ( Technology Acceptance Model ), 8(2), 146–152.

Garaika, Sri Ipnuwati, T. (2020). Pelatihan Pengembangan Pemasaran Kerajinan Batik Pada Pekon Bulurejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–5.

Hidayah Wati, Danang Kusnadi, Noca Yolanda Sari, R. M. J. (2016). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Pendapatan Usaha Kecil Menengah Produksi Kain Perca di Kecamatan Banyumas. Jurnal Kelitbangan Bappeda Pringsewu, 1(1), 85–103.

Janner Simarmata. (2006). Aplikasi Mobile Commerce Menggunakan PHP dan MySQL. (Fl. Sigit Suyantoro, Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Kasmi, A. N. C. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 15(2), 109–116.

Leonard, L. N. K., & Jones, K. (2010). Consumer-to-consumer e-commerce research in information systems journals. Journal of Internet Commerce, 9(3–4). https://doi.org/10.1080/15332861.2010.529052

Maseleno, A. A. S. M. A. (2020). Implementasi Mobile Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan Anggota Koperasi Gentiaras Pringsewu. JTKSI, 03(01), 32–36.

Muhammad Junaidi, Fiqih Satria, G. (2020). Model Pengambilan Keputusan Calon Penerima Bantuan Usaha Mikro Bank Lampung Dengan Metode Weighted Product. JTKSI, 03(01), 20–25.

Mukodimah, F. R. I. S. (2020). Pendampingan Pemasaran Produk Hasil Home Industry Berbasis Media Sosial Dalam Upaya Memberdayakan Ibu Rumah Tangga Di Kabupaten Pringsewu. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 55–68.

Pradana, M. (2015). Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia. MODUS, 27(2), 163–174.

Rita Irviani, Kasmi, Evi Setyorini, M. M. (2018). Perancangan Aplikasi E-Commerce Berbasis Android Pada Kelompok Swadaya Masyarakat Desa Margakaya Pringsewu. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 4(1), 8–12.

Suyanto, M. (2003). Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi Offset.

Turban, E., Sharda, R., & Delen, D. (2007). Decision Support and Business Intelligence Systems. Chapter 6 Artificial Neural Networks for Data Mining. IBM Systems Journal (Vol. 8th).

Utami, V. W. S. L. R. (2015). Analisis Dampak Pembiayaan Dana Bergulir Kur (Kredit Usaha Rakyat) Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 22(1), 11–25.

Wiji Susanti, K., & Noca Yolanda Sari, M. M. (2015). Pengembangan Electronic Commerce Dalam Proses Meningkatkan Ukm Pada Dekranasda Kabupaten Pringsewu. Expert, 5(2), 42–47.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 44 times
PDF Download : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.