APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK SIMULASI DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN CABAI

Dani Feriadi(1),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Cabai merupakan tanaman yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, dan banyak digunakan sebagai bahan baku industri pangan dan farmasi. Namun para petani mengalami berbagai masalah dalam membudidayakan tanaman ini, penybabnya adalah teknik budidaya, kondisi lingkungan serta gangguan hama dan penyakit. Oleh karena itu, tujuan pembuatan jurnal ini adalah untuk membantu para petani dalam menentukan penyakit yang kerap menyerang tanaman cabai, yang telah di diagnosa berdasarkan gejala-gejalanya. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem pendukung keputusan adalah waterfall. Sistem Engineering dan analisis digunakan untuk mengerti sistem sekarang, sementara desaign dan coding untuk memberikan gambaran dari hasil aplikasi yang akan di buat. Testing dan maintenance bertujuan agar kinerja aplikasi sesuai dengan yang di harapkan. Setelah dijadikan sebuah aplikasi dapat di simpulkan bahwa aplikasi yang diusulkan sesuai dengan yang dibutuhkan. Dengan aplikasi diagnosa penyakit ini, para petani dapat menentukan peyakit serta mengerti bagaimana cara mengatasi hama atau penyakit yang menyerang tanaman cabai.


Keywords


Aplikasi, SPK, Cabai, Penyakit

References


Panduwinata, F., Desanti, R. I., dan Yulisna. Aplikasi Penunjang Keputusan Untuk Pembelian Barang Pada UD. Naga Jaya.

Prima, F. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Peneriman Beasiswa BBM Dengan Model Fuzzy Multiple Attribute Mengunakan Metode Sample Additive Weighted.

Royce, W. (1970) . Model Waterfall/SDLC. Diakses pada 1 Oktober 2012 dari Http://www.hannaffellow.blogspot.com/2012/10/metode-waterfall-sdlc.html.

Romeo, ST. (2013). Diakses pada 9 September 2011 dari Http://miftahaltemate.wordpress.com

Sasmito, G. W., (2010). Aplikasi Sistem Pakar untuk Simulasi Diagnosa Hama Dan Penyakit Tanaman Bawang Merah Dan Cabai Menggunakan Forward Caining Dan Pendekatan Berbasis Aturan.

Sirait, L. S., (2009). Beberapa Faktor Ekonomi yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja, Produktifitas Dan Pendapatan Petani Sayur Mayur Di Kabupaten Karo.

Syam, A. A., Analisis Sistem Akuntansi Penjalan Kredit Dengan Menggunakan Metode Data Flow Diagram (DFD) Pada PT. Lantabura Internasional.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1044 times
PDF Download : 418 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->