APLIKASI PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) PADA KABUPATEN PRINGSEWU

Apri Susanto(1),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Perkembangan dan kemajuan tekhnologi informasi yang semakin berkembang  banyak memberi keuntungan pada setiap lembaga-lembaga yang menerapkannya. Termasuk dalam bidang birokrasi pemeritahan. Penerapan E-Goverment pada birokrasi pemerintahan tentunya dapat membuat kinerja pemerintahan semaikn maju dan lebih baik. Penerapan tekhnologi informasi dalam bidang pemerintahan seperti dalam urusan pembuatan Kartu Tanda Penduduk tentunya mampu memberikan perubahan dalam sistem birokrasi pembuatan Kartu Tanda Penduduk. Seperti pada kabupaten pringsewu yang semula menggunakan sistem manual dalam urusan pembuatan Kartu Tanda Penduduk yang tentunya sangat kurang efesien dan membutuhkan waktu yang lama sehingga banyak warga yang enggan mengurus pembuatan Kartu Tanda Penduduk. Tentunya hal ini sunguh sangat disayangkan megingat akan pentingnya Kartu Tanda Penduduk. Untuk itu penulis mencoba meneliti tentang sebuah perancangan aplikasi pembuatan Kartu Tanda Penduduk. Dengan tujuan memudahkan masyarakat untuk mengurus pembuatan Kartu Tanda Penduduk dengan cara online selain itu dengan penerapan hal ini juga akan membantu kinerja Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat semakin optimal. Dan diharapkan masyarakat tidak lagi enggan mengurus pembuatan Kartu Tanda Penduduk dengan adanya aplikasi  pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP ).

 


Keywords


E-KTP, pringsewu, Masyarakat, E-Government

References


Affisco, John F., and Khalid S. Soliman. 2006. E-Government : a Strategic Operations Management Framework for Service Delivery. Business Process Management Journal, Vo. 12, No. 1, pp. 13-21.

Basuki, Murya A, S.Kom. 2009. Analisa Websaite Universitas Kudus. Vol 2, No.2, ISSN:1979-6889.

Haryadi. 2013. Perancangan Penerapan E-Government Pada Sistem Pemerintahan Kecamatan Pugung Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Terhadap Publik. STMIK Pringsewu.

Hendarti, Henny, Nurlina. 2008. Perancangan Aplikasi Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Berbasiskan Web Pada Kodya Bekasi. Seminar Nasional Informatika UPN Veteran. ISSN:1979-2328.

Menurut Kamus Lengkap Dunia Komputer (2002)

Menurut Widodo (2005) adalah program komputer yang dibuat untuk mengertjakan program. Aplication Interface, dalam E-Gonerment pada system Pemerintahan upaya meningkatkan pelayanan terhadap publik

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Pringsewu. diakses tanggal 7 Desember 2013-12-0.

Masrin.2013. Studi Tentang Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik (E-KTP) Di Kantor Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. eJurnal Pemerintahan Intergratif. 68-61. ISSN 0000-0000.

Pascual, P.J. 2003. E-Government ,e-Asean Task Force UNDP-APDIP.

Pemendagri No.9 Tahun 2011 Pasal 1 ayat 9 Tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.

Syailendra.2008.Implementasi E-Government. URL:http://jakarta.wartaegov.com/index.php?option.comcontent&viewarticel&id=168&catid=53:arsip&itemid:58. Diakses pada 6 desember 2013.

Taqwa, Shadiq. 2011.Aplikasi Pembuatan E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) Menggunakan Barcode Berbasis Web. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 2006


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1253 times
PDF Download : 224 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->