APLIKASI SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN SMP BERKUALITAS DENGAN PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0 (Studi Kasus : Kabupaten Tanggamus)

Emi Minarni(1),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan proses bimbingan atau pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada perkembangan siswa-siswinya untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar siswa cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain. Pada dasarnya pendidikan ditunjau dari Undang-undang SISDIKNAS No.20 tahun 2003 yaitu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Dengan hal tersebut maka menentukan kualitas Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berkualitas untuk Siswa Lulusan SD merupakan salah satu sistem pendukung yang harus terapkan demi memajukan prestasi belajar siswa-siswi lulusan SD untuk kedepannya. Dalam penentuan kualitas SMP terdapat beberapa faktor yang menjadi penilaian. Penilaian ini yaitu berdasarkan penilaian Mutu Sekolah, Standar Sekolah, Kurikulum Sekolah, Lingkungan Sekolah dan yang paling utama adalah Fasilitas Sekolah untuk memfasilitasi siswa/i dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar para siswa/i. Penilaian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan yang mempunyai kemampuan analisa pemilihan SMP Terbaik di Kawasan Kabupaten Tanggamus yang berprestasi dan berkualitas. Fasilitas yang digunakan dilengkapi sistem pengolahan data dan fasilitas pendukung sistem informasi, yang dirancang dalam program dan sistem pengambil keputusan menggunakan Pemrograman Visual Basic 6.0. Dengan dirancangnya sistem penunjang pengambilan keputusan ini diharapkan dapat membantu dan menarik minat para siswa untuk mencari SMP yang berkualitas untuk menunjang pendidikannya.  


Keywords


Sekolah Menengah Pertama, Sistem Pendukung Keputusan, Visual Basic. 6.0

References


Anwar, khoerul, Gunawan, Ario. 2010. Penerapan fuzzy-query database pada sistem pendukung keputusan seleksi penerimaan beasiswa. STMIK PPKIA pradnya pramita malang.

Hermanto, Nandang. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Untuk Menentukan Jurusan Pada SMK Bakti Purwokerto. Teknik Informatika. STMIK AMIKOM Purwokerto.

Ir. Yuniar Supardi, (2006), Microsoft Visual Basic 6.0 untuk Segala Tingkat, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo

Jogiyanto. 2009.“Pengenalan komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan” Yogyakarta: Andi Offset.

Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, andi, 2007.

Ridwan Sanjaya, S.E., S.Kom., (2005), Membuat Menu Cantik untuk Aplikasi Visual Basic 6.0, Surabaya, Andi

Samarmata, Janner & Purwadi, Imam. (2006). Basis Data. Yogyakarta: Andi Offset.

Turban, 2005, Decision Support Systems And Intelligentt Systems ( Sistem Pendukung Keputusan Dan Sistem Cerdas) jilid 1, Andi Offset, Yogyakarta.

Yulianto, Sri J.P., Indrastanti R.W., Martha oktriani. 2008. Aplikasi pendukung keputusan dengan menggunakan logika fuzzy (study kasus: penentuan spesifikasi komputer untuk suatu paket komputer lengkap). Fakultas teknologi informasi universitas kristen satya wacana.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 301 times
PDF Download : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->